Berawal dari Variasi, Begini Kiprah Sukses Niki Motor di Dunia Car Audio

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 22/Sep/2021 10:04 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Bisnis variasi mobil kerap menjadi latar belakang berdirinya usaha car audio.

Seperti Niki Motor yang berada di Sentra Onderdil BSD, ketika berdiri sejak 8 Februari 2003, awalnya gerai pemasangan kaca film.

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar

Kemumdian pada tahun 2004, Tedy, pemilik gerai Niki Motor, merambah ke bisnis audio.

Baca Juga:
Speaker Standar atau Modifikasi, Upgrade Audio Pakai DSP Audison Forza Bisa Jadi Solusi

“Memang hobi car audio dari jaman kuliah. Berniat dari awal untuk kembangin ke car audio.” buka Tedy kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (9/9/2021).

Untuk mendalami car audio tersebut, Tedy belajar di Audioworkshop (AWS) pada tahun 2004 dan menjadi dealer setelah selesai belajar.

Baca Juga:
Spek Kompetisi untuk Daily, Niki Motor Upgrade Audio Ford Fiesta Andalkan Seri Tertinggi Hertz

Meski berstatus sebagai dealer, Tedy juga menjual produk audio selain dari AWS seperti Pioneer, Cello Audio, Vox Research, Flux Audio, Mosconi, dan JL Audio.

“Semua kita bisa jual dan kita ngga pilih-pilih brand tertentu saja. Tetap tentu saja kita ada beberapa brand yang jadi line up tetap.” jelas Tedy.

Dari berdiri sejak tahun 2004, Tedy konsisten modifikasi audio beraliran Sound Quality (SQ), padahal di era tersebut lagi jaya-jayanya Sound Quality Loud (SQL) dan Sound Pressure Level (SPL).

Paling tidak modifikasi audio mobil tersebut dibuat untuk dinikmati di dalam kabin. “Saat itu kita bangun ‘SQL’ pun belum bener-bener karena masih untuk dinikmati dalam kabin.” tambah Tedy.

Namun pada akhirnya piala kontes sudah menjadi koleksi di gerai Niki Motor sehingga menunjukkan prestasinya di car audio.

Meski berkembang di audio, usaha variasi Niki Motor tetap berjalan dan sekarang menjadi dealer kaca film Wincos.

Selain kaca film, Niki Motor juga menyediakan aksesoris mobil seperti lampu LED, pemasangan jok kulit, dan sebagainya.  “Aksesoris sebagai pelengkap. Jalan sama-sama.” pungkas Tedy.

(Joule)