Hertz Mille Legend, Seri Audio 2-Way Yang Adaptif Jadi Sistem 3-Way

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 29/Sep/2021 12:30 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Untuk speaker Hertz seri Mille, berdasarkan pemantauan terakhir di website resminya, dari segi sistem setidaknya hanya sampai 2-way.

Meski demikian, sebetulnya sistem tersebut bisa adaptif dibuat jadi sistem 3-way dengan menambah midrange yang masih berada di seri Mille, dan itupun tidak harus memakai woofer dan tweeter 2-way dengan level paling tinggi seri Mille.

Baca Juga:
Siasati Ruang Kabin Terbatas, Power Amplifier Hertz DPower Cocok untuk Upgrade Audio Honda Brio

Sebut saja woofer ML 1650.3 dan tweeter ML 280.3, kemudian ditambah midrange MP 70.3 Pro, untuk menghasilkan suara lebih berkualitas.

“Dengan harga Rp. 28 juta, desainnya udah diecast, materialnya udah neodymium, ini udah kualtas yang paling tinggi.” buka Eddie Soesanto, Punggawa Cartens Audio selaku dealer Hertz kepada SoundandMachine di video YouTube SoundandMachine (14/8/2021).

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

(sumber: Hertz)

Baca Juga:
Andalkan Produk Hertz, Gerai Audio BestBuddyShop Surabaya Tembus EMMA Asia Finals 2023

Pertama, woofer berukuran 6,5 inci Mille Legend ML 1650.3 yang pada dasarnya dirancang untuk 2-way. Itu berarti tanpa midrange suara vokal dan bass-nya masih terdengar.

“Kalau 2-way gini vokalnya masih ada, bass-nya di sini (woofer).” tambah Eddie.

(sumber: Hertz)

Kemudian Tweeter ML 280.3 dengan ukuran 1,2 inci untuk menghasilkan suara treble dengan frekuensi di atas 5.000 Hz, dan menjadi pasangan woofer ML 1650.3 jika merujuk pada speaker 2-way MLK 1650.3.

(sumber: Hertz)

Berikutnya, midrange MP 70.3 Pro berukuran 3 inci dengan kemampuan menghasilkan suara rendah hingga 180 Hz apabila dibuatkan box untuk pilar A yang dibuat mangkok.

Apabila dipasangkan dengan woofer ML 1650.3, suaranya tidak akan bercampur karena suara vocal akan keluar di midrange, sementara bass akan keluar di woofer.

 

“Karena masing-masing punya fungsi sendiri-sendiri. Jadi tidak tercampur-campur antara bass dan vocal. Punya tugasnya masing-masing, suaranya lebih jelas.” jelas Eddie.

Kombinasi seperti ini tentunya akan menghasilkan suara yang lebih berkualitas, terlebih karena komponen tersebut buatan Italia dengan magnet Neodymium dan berdesain die-cast.

 

Tak ketinggalan, komponen tersebut ketika dipasangkan juga mampu membuat tampilan interior lebih menarik dengan gril yang berdesain mewah dan elegan ketika terpasang.

(Joule)