Focal Utopia M Sub 10 WM, Subwoofer Harga Sultan dengan Kualitas Jempolan

  • Oleh : edo

Selasa, 12/Okt/2021 14:25 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi sebagian orang, khususnya penikmat tata suara (audio) berkualitas tinggi atau yang sering disebut dengan audiophile, mendengarkan musik saat mengendarai mobil dianggap bukan hanya sekadar aktivitas pengusir kebosanan semata.  

Lebih dari itu, mendengarkan alunan musik dari audio mobil dapat menghadirkan kepuasan tersendiri. Namun banyak pemilik mobil, yang sering merasa bahwa sistem audio standar bawaan kurang memenuhi hasratnya.  

Baca Juga:
Aplikatif Untuk Toyota, Speaker 2-Way Focal IS 165 TOY Hasilkan Suara Premium

Sebagai solusi, mereka lantas meng-upgrade sistem audio standar dengan perangkat yang lebih baik. Selain head unit, komponen yang sering diganti untuk upgrade tahap awal adalah speaker hingga subwoofer.

Baca Juga:
Rayakan HUT RI, PT Audioworkshop Hadirkan Promo Khusus Upgrade Audio Mobil Toyota

Bila kawan Sound and Machine juga kebetulan ingin meningkatkan kualitas audio standar mobilnya, dengan suara bass yang lebih menghentak, ada produk menarik nih dari Focal. Pasalnya, merek audio buatan Perancis tersebut, memiliki subwoofer bernama Utopia M Sub 10 WM.

Johnson Nagawan dari Focal Indonesia mengatakan, produk ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Bahkan, subwoofer ini bakal jarang ditemukan dipasaran, alias langka. "Karena dibikin di pabriknya handmade, jadi hasil produksinya sangat sedikit," ungkap Johnson.

Baca Juga:
Speaker Focal Membuat Audio Mobil Listrik Hyundai Kona EV Jadi Lebih Mumpuni

Ia menambahkan, karena diproduksi secara handmade dengan sangt teliti, maka hasilnya pengerjaannya presisi dan detail. Dari desainnya sendiri, iasangat berbeda dengan subwoofer 10 inci kebanyakan.

"Kontrsusinya materialnya sangat spesial, dia punya surround dari bahan butyl rubber, yang punya kelebihan lembut, kuat, tahan lama. Jadi bass yang keluar bisa sangat empuk," jelas pria ramah tersebut.

Selain itu, keunggulan lainnya yakni konusnya memiliki bentuk 'M' dengan kontruksi satu lempeng. "Jadi tidak ada perbedaan material di konusnya, sehingga menghasilkan suara bass yang jernih dan detal. Pergerakan konusnya juga bisa sangat tinggi, jadi sangat bagus banget buat bass rendah," kata Johnson.

Utopia M Sub 10 WM, memiliki terlihat sangat kokoh karena memiliki rangka dari aluminium yang tebal. Bagian belakangnya, menggunakan mangnet neodymium, sehingga mampu menghasilkan power handling sangat besar dan kuat, serta gerakannya terkontrol dengan baik.

"Menariknya, ada sistem pendingin yang dirancang khusus, karena performa subwoofer ini sangat besar," tuturnya. Subwoofer ini direkomendasikan khusus untuk Anda yang ingin menggunakan konsep Sound Quality (SQ).

"Kalau main SQL masih oke, tapi kalau SPL tidak direkomendasikan. Jadi kalau mau main SQ dijamin suaranya sangat memuaskan. Subwoofer ini punya power 800 w, sehingga membutuhkan daya yang besar, minimal power monoblok kapasitasnya diatar 500 watt," papar Johnson.

Mengenai harga, Jhonson mengaku bahwa banderol yang ditawarkan termasuk tinggi, alias harga 'Sultan', yakni Rp 27 jutaan. Meski begitu, kualitas yang dihasilkan akan sebanding harga yang harus dibayarkan. 

"Gak semua toko audio punya barang ini. Bila berminat, Anda bisa mendapatkannya di diler-diler resmi yang menjual produk Focal," pungkas Johnson. Mau coba? (EPS)