Amplifier Audison SR4, Siapkan Hasilkan Suara Jernih Berkualitas Tinggi

  • Oleh : edo

Sabtu, 16/Okt/2021 16:46 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Biasanya, agar dapat meningkatkan kualitas audio mobil standar, bisa dilakukan dengan cara mengganti speaker standar pabrikan, menambah tweeter, hingga penggunaan subwoofer.  

Namun agar hasilnya lebih maksimal, diperlukan peranti bernama power amplifier. Apalagi bila subwoofer yang digunakan merupakan jenis pasif, sehingga penambahan power amplifier merupakan keharusan. 

Baca Juga:
Head Unit Standar Tidak Bisa Diganti? Alpine UTX-M08 Jadi Solusi Upgrade Audio Mobil Masa Kini

Saat ini, di pasaran banyak sekali tersedia pilihan ragam amplifier, salah satunya adalah Audison SR4. Menurut Johnson Nagawan dari PT Audioworkshop, amplifier ini memiliki beberapa keunggulan. 

"Audison SR4 memang bisa dibilang bukan produk terbaru, namun sampai hari ini, amplifier 4 channel tersebut masih menjadi salah satu produk favorit di kelas menengah," buka Johnson.

Baca Juga:
Canggih dan Berkelas, Amplifier Audison HV Venti Cocok Buat Para Sultan

Menurutnya, Audison SR4 merupakan power amplifier yang dirancang untuk meningkatkan kualitas suara di kabin mobil. Amplifier ini memiliki daya yang besar, sehingga ideal dijadikan komponen tambahan audio pada mobil Anda.

Baca Juga:
Head Unit Alpine UTX-A09, Tingkatkan Kualitas Audio Mobil Berbagai Zaman

"Kelebihan produk ini adalah 4 channel 360 watt, dimensi dan desainnya menarik, sangat kokoh, dibekali teknologi canggih sehingga kualitas suara yang dihasilkan jempolan untuk pengunaan sehari-hari maupun kompetisi," jelasnya.

Lebih lanjut pria ramah itu mengatakan, di bagian SR4 terdapat panel operasional untuk crossover. Di sana terletak pengaturan hi pass, low pass, channel 1, 2, 3 dan 4, sehingga masing-masing channel bisa dioperasikan secara terpisah.

"Bisa juga dibridge untuk subwoofer. Pengaturan itu dilengkapi pelindung dari akrilik, jadi kalau sudah disetting bisa lebih aman, tanpa takut berubah karena tersentuh tangan dan lainnya," kata Johnson.

Secara fisik, SR4 memang tidak bisa dibilang kecil, ia memiliki dimensi panjang 16 inci, tinggi 2 inci dan lebar 8 inci. Dimensinya yang besar, karena di dalam SR4 dibekali beragam teknologi canggih. Bodinya sendiri terbuat dari alumimium yang kokoh.

"Amplifier ini cocok untuk sound quality (SQ) dengan daya 4x60 waat jadi bisa membunyikan speaker apa pun. Teknologinya sudah cukup advance, dengan hi frekuensi 40.000 hertz, jadi sudah bisa dikategorikan hi res audio. Bisa dipakai di super tweeter maupun speaker, yang berkerja di 20.000 hertz ke atas," paparnya.

Dirancang khusus untuk SQ, membuat ampilifer ini dinilai tidak cocok untuk konsep instalasi audio SPL maupun SQL. "Jadi memang dirancang untuk hasil kualitas suara yang detail dan jernih," tambahnya.

Selain itu, yang membuat amplifier ini unggul dibanding produk lain, yakni kategori AB class, yang memiliki kualitas suara yang sangat baik, sehingga merek speaker apapun bisa cocok dengan amplifier ini. Lalu produk ini cukup bandel, alias awet dan tidak mudah rusak, performanya tidak mudah mengalami penurunan.

"Jadi bisa ada ampilifer pas awal-awal dipakai hasilnya bagus. Namun seiring berjalannya waktu kualitasnya bisa menurun. Amplifier buatan Audison ini tidak sepert itu, kualitasnya tetap stabil meski dipakai bertahun-tahun," pungkas Johnson.

Mengenai harga, Audison SR4 memiliki banderol retail sekitar Rp 6 jutaan. Produk ini bisa didaparkan di diler-diler resmi Audison. Bila anda berminat, jangan lupa pastikan ada garansi dari PT Audioworkshop yah! (EPS)