Speaker Focal Utopia 165W-XP, Punya Teknologi Canggih Suaranya Jernih

  • Oleh : edo

Kamis, 21/Okt/2021 12:06 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mendengarkan alunan musik dari audio mobil yang berkualitas, memang dapat menghadirkan kepuasan tersendiri. Namun, banyak pemilik mobil, yang sering merasa bahwa sistem audio standar bawaan kurang memenuhi hasratnya.  

Sebagai solusi, mereka lantas meng-upgrade sistem audio standar dengan perangkat yang lebih baik. Selain head unit, komponen yang sering diganti untuk upgrade tahap awal adalah speaker hingga subwoofer.

Baca Juga:
Terbuat dari Tumbuhan, Speaker Focal Flax Evo PS 165 FXE Hasilkan Suara yang Natural

Bila kawan Sound and Machine juga kebetulan ingin meningkatkan kualitas audio standar mobilnya, dengan suara speaker yang lebih jernih dan merdu, ada produk menarik nih dari Focal. 

Baca Juga:
Focal Utopia M Sub 10 WM, Subwoofer Harga Sultan dengan Kualitas Jempolan

Pasalnya, merek audio buatan Perancis tersebut, memiliki speaker bernama Utopia 165W-XP. Johnson Nagawan dari Focal Indonesia mengatakan, produk ini memiliki kualitas yang sangat tinggi.

"Produk ini sebagai pengganti model sebelumnya, yakni 165W-RC. Ada perubahan yang sangat signifikan dibanding yang lama, mulai dari teknologi yang digunakan hingga kualitas suara yang dihasilkan," tuturnya.

Baca Juga:
Aplikatif Untuk Toyota, Speaker 2-Way Focal IS 165 TOY Hasilkan Suara Premium

Ia menambahkan, 165W-XP telah dilengkapi dengan crossover pasif, yang mana komponen tersebut tidak ditemui di model 165W-RC. "Di model lama hanya ada pengaturan midbass dan tweeter. Skema crossover 165W-Xp cukup simple komponen gak terlalu banyak tapi menggunakan komponen berkualitas," jelasnya.

Focal Utopia 165W-XP, merupakan speaker mobil grade kompetisi ukuran 6,5 inch. Sistem speaker ini 2-Way Components Split, yang terdiri dari 2pcs speaker pintu (Midbass), 2pcs tweeter, dan 2pcs passive crossover.

Jhonson mengatakan, khusus midbass, memiliki desain yang baru dan inovatif. Rangkanya juga hadir dengan model baru yang kokoh, lalu material cone (konus) menggunakan bahan beryllium. 

"Cone sangat keras namun ringan, sehingga mampu menghasikan suara yang lebih bersih dan detail sangat baik," ungkapnya. Menariknya, midbass tersebut dibekali teknologi Tuned Mass Damper (TMD).

Teknologi tersebut, berupa dua buah ring, yang diklaim dapat membantu pergerakan konus menjadi lebih linier. Artinya, pergerakan konus akan tetap stabil dan tidak ada perubahan suara di nada rendah hingga tinggi.

Asyiknya lagi, hanya dibutuhkan amplifier minimal 100 waat untuk dapat menyalakan speaker tersebut. Keunggulan lainnya, tweeter 165W-Xp memiliki spesifikasi hi-res audio, karena frekuensi responnya bisa mencapai 40.000 hertz.

"Ada improve di bagian dalam termasuk magnet, teknologinya sangat tingggi," tambah Johnson. Mengenai harga Focal 156W-XP dijual dengan banderol di kisaran Rp 37 jutaan.

Menurut Johnson, ketersediaan speaker ini di pasaran jumlahnya tidak terlalu banyak, karena sudah masuk ke kategori speaker kelas tinggi. Tertarik? (EPS)