Terbuat dari Tumbuhan, Speaker Focal Flax Evo PS 165 FXE Hasilkan Suara yang Natural

  • Oleh : ADV

Selasa, 30/Nov/2021 15:19 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Mendengarkan alunan musik dari audio mobil yang berkualitas, memang dapat menghadirkan kepuasan tersendiri. Namun, banyak pemilik mobil, yang sering merasa bahwa sistem audio standar bawaan kurang memenuhi hasratnya.   

Sebagai solusi, mereka lantas meng-upgrade sistem audio standar dengan perangkat yang lebih baik. Selain head unit, komponen yang sering diganti untuk upgrade tahap awal adalah speaker hingga subwoofer. 

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Bila kawan Sound and Machine juga kebetulan ingin meningkatkan kualitas audio standar mobilnya, dengan suara speaker yang lebih jernih dan merdu, ada produk menarik nih dari Focal.  

Pasalnya, merek audio buatan Perancis tersebut, memiliki speaker bernama Flax Evo PS 165 FXE. "Produk ini memiliki kualitas yang sangat tinggi," ujar Johnson Nagawan, di Youtube SoundandMachine.

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

Menurutnya, produk ini sebagai penyempurnaan dari model Focal Flax yang sudah ada sebelumny. Meski dilihat sekilas sama, namun ada perubahan yang sangat signifikan dibanding yang lama, mulai dari teknologi yang digunakan hingga kualitas suara yang dihasilkan.

Baca Juga:
Instalasinya Unik, Toyota Land Cruiser 70 ini Upgrade Audio Pakai Focal ES K2 Power Terbaru

Sebagai speaker 2-way, dalam kemasan Flax Evo PS 165 FXE telah dilengkapi midbass, tweeter dan crossover pasif. Sama seperti sebelumnya, midbass Evo PS yang berukuran 6,5 inci masih menggunakan material alami.

"Materialnya menggunakan Flax, yang merupakan tanaman sejenis gandum yang tumbuh di Perancis," ungkap Jhonson. Menariknya, ketika diolah, tanaman Flax menghasilkan serat berbentuknya seperti hollow (pipa) yang kuat dan ringan," tuturnya.

Bila serta tersebut dianyam dan dijadikan speaker, Johnson mengatakan hasil suaranya akan sangat natural (alami), dengan kakarter bass yang solid. Ada beberapa pengembangan teknologi, yang dilakukan Focal pada speaker ini.

Pertama adalah penggunaan konstruksi Tunes Mass Damper (TMD) pada surround. TMD, disebut sanggup menghasilkan gerak konus yang lebih linier pada volume rendah maupun tinggi, serta pada frekuensi rendah maupun menengah, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih stabil. 

"Kedua, middbasnya menggunakan face flux, yang berguna untuk memperbesar pancara suara," jelas pria ramah tersebut. Bila speaker biasa sulit untuk mendapat staging (arah suara) yang optimal, namun di speaker ini pacaran suaranya akan jauh lebih baik.

Selain itu, untuk komponen tweeter, telah dilengkapi gril pelindung dan konstruskinya juga jauh berbeda di banding flax sebelumnya, karena sudah menggunakan M construction. Sehingga, frekuensinya bisa main lebih tinggi, sekaligus juga bisa main di frekuensi lebih rendah.

"Tweeternya bisa bermain hingga frekuensi 28.000 Hz. Memang belum hi-res, namun dibanding tweeter pada umumnya, tweeter di Evo PS ini performanya sangat baik, dengan kuatlias suara yang sangat jernih," kata Johnson.

Secara keseluruhan, speaker Flax Evo PS 165 FXE memiliki power handling 160 watt. Bila anda memiliki amplifier berkapasitas 80 sampai 160 watt, tentunya sudah bisa membunyikan speaker ini dengan baik. 

Menariknya, selain cocok untuk bermain Sound Quality (SQ), speaker ini juga cocok untuk bermain Sound Quality Loud (SQL). "Dengan adanya konstruksi TMD, memungkinan juga untuk bermain dengan volume lebih kencang. Jadi SQL masih oke," terangnya.

Mengenai harga, produk yang dibekali magnet berukuran kompak sehingga dapat dipasang diberbagai jenis mobil ini, dibanderol sekitar Rp 12 jutaan. Bila berminat, Anda bisa mendapatkannya melalui diler PT Audioworkshop terdekat atau di akun tokopedia Audioworkshop. (EPS)