Head Unit Standar Tidak Bisa Diganti? Alpine UTX-M08 Jadi Solusi Upgrade Audio Mobil Masa Kini

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 02/Des/2021 18:20 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Salah satu inovasi produk audio Alpine adalah bisa meningkatkan kualitas suara dengan jalan yang simpel, yaitu UTX-M08.

Alpine UTX-M08 merupakan add-on player atau unit tambahan berukuran kompak, yang bisa memenuhi kebutuhan upgrade audio mobil masa kini yang kerap ditemui perangkat head unit standar tidak bisa diganti.

Baca Juga:
Makin Nyaman dengan Head Unit Teknologi Terkini di Peugeot 3008 dan 5008

Fitur canggihnya bisa meningkatkan kualitas suara dengan cara yang mudah. Pertama, dari kapabilitas mengontrol digital signal processor (DSP), dimana UTX-M08 bisa berperan sebagai controller, terutama untuk produk Alpine.

“Kalau kita pakai DSP Alpine, maka UTX-M08 ini bisa menggantikan peran dari DSP controller. Ini zaman baru dimana dia bisa berfungsi sebagai controller juga.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop selaku pemegang brand Alpine kepada SoundandMachine.com di sebuah konferensi pers virtual (28/6/2021).

Baca Juga:
Mantap! Alpine F1 Status Generasi Terbaru Sudah Tiba di Indonesia

(sumber: Alpine)

Baca Juga:
Hertz CPK 165, Speaker untuk 2 Aliran Modifikasi Car Audio

Selain itu UTX-M08 juga memiliki DSP kecil ADAU1452 namun untuk audionya saja, tetapi kapasitas prosesnya bisa sampai 294,9 mHz.

“Kalau dibandingkan CDX-A08, flagship Alpine yang dulu, itu dia masih lebih tinggi poinnya.” tambah Wahyu.

Kemudian UTX-M08 juga support dengan volume controller di setir, single cycle random play, 3 USB port di depan dan belakang, hingga 2 Terrabyte.

Selain itu, UTX-M08 sudah support Direct Steram Digital dengan playback 96 kHz/24 bit 256 mHz, disamping APE, FLAC, dan WAV.

(sumber: Alpine)

Fitur tersebut bisa dinikmati dengan packaging yang desainnya sangat seimbang antara fungsi dan estetika.

UTX-M08 memiliki 6 tombol dan 1 knop yang mudah dijangkau sehingga akan memudahkan pengoperasian, serta layar untuk pemantauan.

Sementara dari segi estetika, tombol untuk sumber suara menggunakan warna biru yang sudah menjadi DNA pada desain add-on player Alpine ini.

Dengan dimensi yang kompak, yaitu 17,8 cm x 14,3 cm x 5 cm untuk host dan 11 cm x 5 cm x 1,5 cm untuk wire control, UTX-M08 sangat fleksibel untuk pemasangan, dan unitnya bisa dipasang tersembunyi.

Sederhana bukan?

(Joule)