Kapasitor Bank NRG, Siap Penuhi Kebutuhan Arus Listrik Sistem Audio Mobil

  • Oleh : ADV

Jum'at, 17/Des/2021 17:35 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Dalam sebuah sistem audio mobil, selain perangkat audio itu sendiri, hal yang sangat penting dan tak boleh dilupakan adalah arus listrik. 

Sebab, dengan adanya arus listrik komponen audio dapat hidup atau berfungsi maksimal. Apabila kurang pasokan listrik sedikit saja, suara yang dihasilkan pastinya tidak akan maksimal. 

Lantas bagaimana cara mencegahnya? di sinilah fungsi kapasitor (capasitor) bank mobil diperlukan. Pasalnya, fungsi kapasitor bank mobil bagi audio adalah berguna sebagai alat untuk menyimpan arus listrik.

Di mana arus listrik yang ada di dalam kapasitor bank akan disalurkan kepada perangkat audio mobil. Salah satu produk kapasitor bank yang bisa jadi pilihan adalah NRG.

Susanto Chong, Intalatur Best Buddy Shop Sunter, selaku pemegang merek NRG mengatakan, kapasitor bank ini memiliki sejumlah keunggulan dan sangat diperlukan dalam sebuah sistem audio mobil.

Apalagi, bila sistem audio tersebut sudah diupgrade atau modifikasi dengan spesifikasi yang lebih tinggi. "NRG adalah super capacitor dengan kapasitas yang sangat besar," buka pria yang juga akrab disapa Afung tersebut.

Ia menjelaskan, kapasitor bank berfungsinya untuk menstabilkan kelistrikan mobil, serta membantu kinerja aki terutama saat dilakukan stater mesin dan pendingin udara (AC) mobil dalam kondisi menyala.

"Special lagi untuk audio mobil, akan menambah kualitas audio terutama area bass," tutur Afung kepada SoundandMachine. Perlu diketahui, sistem audio mobil terutama subwoofer yang menghasilkan suara bass, memang membutuhkan arus listrik tinggi dan spontan.

Bila menggunakan sistem kelistrikan standar mobil yang cenderung stabil, tentu akan "kewalahan" memenuhi arus listrik untuk gebukan bass yang kencang. "Karena kelistrikan mobil stabil, sehingga saat amplifier butuh supply tegangan yang mendadak bisa dicover oleh kapasitor NRG ini," ungkapnya.

Saat dipasang, kapasitor bank NRG bisa disambung secara pararel ke aki, atau kalau di jalur audio, bisa dipararel ke distribution blok. Afung mengatakan, saat ini NRG menyediakan beberapa pilihan daya kapasitor bank.

Mulai dari 16 Farad hingga 500 Farad. "Mengenai harga, kapasitor NRG 16 farad dijual Rp. 4.4 juta, 58 farad  Rp. 7.15 juta, 100 farad Rp. 8.8 juta dan 500 farad Rp. 19.360 juta," pungkasnya. 

Nah, kalau kawan SoundandMachine berminat, bisa langsung ke markas BBS Sunter yang beralamat di Komplek Metro Sunter, Jl. Metro Indah Raya, Blok A3, Tanjung Priok, Jakarta Utara, atau menghubungi nomor (021) 65309073. (EPS)