Kopling Copper Fiber Clutch System Mugen, Bisa Tingkatkan Performa Honda Civic Type R

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 18/Des/2021 17:17 WIB
Copper Fiber Clutch System Mugen untuk transmisi manual Honda Civic Type R generasi FK8 (sumber: Mugen dan Honda) Copper Fiber Clutch System Mugen untuk transmisi manual Honda Civic Type R generasi FK8 (sumber: Mugen dan Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) – Transmisi manual menjadi salah satu kekhasan hatchback performa tinggi Honda, yaitu Civic Type R. Pasalnya, dari awal dirilis hingga sekarang, Honda masih mempertahankan transmisi manual, dan juga tanpa opsi transmisi otomatis sama sekali.

(sumber: Honda)

Dengan demikian, dari apa yang dilakukan oleh Honda termasuk melawan zaman, karena mobil performa sekelasnya kebanyakan bertransmisi otomatis, meskipun di sisi lain akan membuka pilihan bagi kaum purist.

Meski demikian, transmisi manual tersebut masih bisa ditingkatkan performanya, dan itu dilakukan oleh tuner spesialis Honda, yaitu Mugen melalui produk kopling Copper Fiber Clutch System.

(sumber: Mugen)

Copper Fiber Clutch System merupakan sistem kopling yang membuat oper gigi bisa lebih cepat, meningkatkan handling, lebih direct, dan memiliki daya tahan lebih.

Kopling tersebut memiliki diameter piringan lebih kecil, cover berbahan aluminium, dan chromoly flywheel yang membuat 2,6 kg lebih ringan dari standarnya, dan momentum inersianya 21% lebih rendah.

Desain kopling seperti ini membuat oper gigi bisa lebih cepat dan juga lebih direct, sehingga pergerakan mobil bisa lebih terkontrol.

Selain itu, copper fiber clutch system juga memiliki daya tahan terhadap panas lebih tinggi, dan lebih tahan terhadap pengikisan ketika bergesekan dalam temperatur tinggi.

(sumber: Honda)

Dengan demikian, kopling ini cocok untuk pemilik yang suka mengendarai Civic Type R dalam kecepatan tinggi, terutama saat track day.

(Joule)