Catat Tanggalnya! Ini Dia Deretan Pameran Otomotif di Tahun 2022

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 02/Janu/2022 10:22 WIB
Pameran Otomotif yang dijadwalkan akan diadakan pada tahun 2022, Indonesia International Motor Show, Gaikindo Jakarta Auto Week, Periklindo Electric Vehicle Show, Gaikindo Indonesia International Auto Show (sumber: Dyandra, Gaikindo) Pameran Otomotif yang dijadwalkan akan diadakan pada tahun 2022, Indonesia International Motor Show, Gaikindo Jakarta Auto Week, Periklindo Electric Vehicle Show, Gaikindo Indonesia International Auto Show (sumber: Dyandra, Gaikindo)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Memasuki tahun 2022, event organizer (EO) sudah menjadwalkan pameran otomotifnya, dan sampai tulisan ini dibuat, tercatat sudah ada 4 pameran otomotif yang telah ditentukan tanggalnya.

Sedikit catatan, jadwal tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum stabil, hingga membuka kemungkinan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinaikkan yang membuat jadwalnya diundur.

Baca Juga:
Dibuka Bamsoet dan Sejumlah Menteri, Pameran IMX 2022 Hadirkan Ragam Konten Kreatif Otomotif

Berikut 4 pameran otomotif, dengan urutan tanggal yang telah ditentukan berdasarkan keterangan resmi.

Indonesia International Motor Show (IIMS)

Baca Juga:
Kangen Lowfitment Day? Gettin Low Kembali Adakan Car Meet-Up di Kuningan City

PT. Dyandra Promosindo selaku EO Indonesia International Motor Show (IIMS) memutuskan untuk mengadakan pameran otomotif tersebut di tanggal 17-27 Februari 2022 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga:
Black Auto Battle 2022 di Kota Solo Bikin Kompetisi Modifikasi Jadi Semakin Berisi

Keputusan tersebut berdasarkan perkiraan daya beli dan tren pandemi yang terhitung dari November 2021 silam. Pabrikan yang sudah konfirmasi akan hadir antara lain Toyota, Honda, Suzuki, Wuling, dan Chery.

Selain pameran otomotif, IIMS tetap menghadirkan aspek kultur otomotif di Indonesia, yaitu modifikasi, mobil klasik, dan sebagainya.

Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW)

(sumber: Gaikindo)

Untuk membangkitkan industri otomotif di Indonesia, Kementerian Perindustrian mengarahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), agar mengadakan pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW).

GJAW sendiri awalnya direncanakan untuk diadakan pada November 2020 silam, namun karena kondisi pandemi belum sepenuhnya mendukung, pada akhirnya ditunda menjadi Januari 2021, dan digeser lagi ke Maret 2021.

Sampai akhirnya diputuskan bahwa GJAW akan diadakan pada tanggal 5-13 Maret 2022 mendatang, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, yang menawarkan rasa nostalgia, karena salah satu lokasi awal pameran Gaikindo.

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS)

(sumber: Gaikindo)

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) bersama PT. Dyandra Promosindo akan menggelar pameran yang khusus kendaran listrik, yaitu Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) pada tanggal 12-22 Mei 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Berbeda dengan IIMS, PEVS hanya fokus pameran kendaraan listrik, mulai dari industri, industri pendukung, UMKM, dan industri kreatif untuk bersiap menyambut era elektrifikasi.

Hal tersebut sejalan dengan roadmap pemerintah melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 27 tahun 2020 mengenai Spesifikasi teknis, Roadmap Electric Vehicle dan Perhitungan tingkat kandungan lokal.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)

Pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 berhasil memenuhi ekspektasi publik. Pasalnya, menurut Gaikindo, GIIAS 2021 mendapat dukungan dari masyarakat umum, sejumlah pencinta otomotif hingga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Meski diadakan masih dalam kondisi pandemi, dengan protokol kesehatan ketat, GIIAS 2021 mencetak total transaksi sebesar Rp. 7 Triliun, dengan angka penjualan 18.000 unit, dan 293.252 pengunjung selama 11 hari pameran.

Meneruskan kesuksesan tersebut, Gaikindo memutuskan untuk mengadakan GIIAS pada 11-21 Agustus 2022 mendatang di ICE BSD, Tangerang.

Semoga semuanya bisa terlaksana ya. (Joule)