Dari Komunitas Hingga Pabrikan, Ini Dia Rangkaian Acara Otomotif di Senayan Park

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 02/Janu/2022 10:04 WIB
Aktifitas otomotif yang diadakan di Senayan Park: Acara komunitas, acara perhelatan, dan tenant pabrikan. Aktifitas otomotif yang diadakan di Senayan Park: Acara komunitas, acara perhelatan, dan tenant pabrikan.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Meski tempat umum, akhir-akhir ini sejumlah aktifitas otomotif banyak diadakan di Senayan Park (Spark), Jakarta, terutama event atau acara, baik dari komunitas maupun event organizer (EO).

Setidaknya mulai tahun 2021 silam, mall yang dulunya Taman Ria Senayan tersebut, bukan hanya menjadi venue acara komunitas otomotif atau EO, tetapi juga tenant untuk agen pemegang merk.

Baca Juga:
GIIAS 2022 Akan Jadi Seri Pembuka Kompetisi Audio Mobil EMMA Indonesia Musim 2023

Kemungkinan selain karena lokasi di tengah kota, juga memiliki lahan yang luas untuk mengadakan berbagai acara otomotif. Maka tidak heran jika mall ini dilirik, dan ke depannya akan banyak komunitas otomotif atau EO memilih Spark untuk mengadakan sebuah acara.

Berikut rangkaian aktifitas otomotif yang diadakan di Spark.

Baca Juga:
Meriah! Car Fest Besutan Kreator Otomotif Parjo dan Kedai Built-Up Tembus 330 Mobil Partisipan

Acara Kopdar Komunitas

Baca Juga:
Kejar Posisi 10 Besar Jadi Keseruan Kompetisi Audio Mobil di Final EMMA Indonesia 2022

Senayan Park menjadi pilihan komunitas otomotif untuk mengadakan acara kumpul atau kopdar. Komunitas otomotif yang memilih Spark untuk kopdar di tahun 2021 antara lain, Ferrari Owner Club Indonesia, M Owner Club Indonesia, Xpander Mitsubishi Owner Club, dan masih banyak lagi.

Area yang dimanfaatkan biasanya antara basemen dan pulau satu, karena lahan tersebut bisa menampung lebih dari 50 mobil, dan juga dekat dengan cafe atau restoran, dimana para pemilik mobil bisa nongkrong di tempat tersebut.

Acara Perhelatan

Para EO memilih Spark untuk mengadakan perhelatan dengan berbagai skala acara. Lahan yang dimanfaatkan bisa beragam, karena tergantung konsep perhelatannya.

Seperti misalnya Indonesia International Motor Show Virtual Fase Kedua yang diadakan pada tanggal 26 Maret 2021, EO hanya memanfaatkan lahan parkir outdoor-nya saja, karena dibutuhkan untuk area test drive mobil dan tenda untuk panitia serta exhibitor-nya.

Namun ada juga yang memanfaatkan banyak lahan, sebut saja Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show pada tanggal 27-28 November 2021. Acara tersebut memanfaatkan seluruh area pulau satu dan lantai dasar area indoor mall Spark untuk mobil modifikasinya.

Tenant Pabrikan

Mulai dari 2021, pabrikan otomotif turut menjadi tenant Spark, yaitu PT. Honda Prospect Motor (HPM) dengan Dreams Cafe yang diresmikan pada tanggal 7 April 2021.

HPM membangun Dreams Cafe sebagai pengembangan dari galeri teknologi temporer Honda Gallery, yang mewadahi masyarakat untuk menggali inspirasi melalui desain interiornya. Dalam cafe tersebut terdapat sejumlah display yang menunjukkan kiprah Honda di bidang teknologi, termasuk mobil unik.

Dreams Cafe juga kerap menjadi tempat pertama dimana publik bisa melihat langsung mobil Honda, baik itu konsep maupun yang baru diluncurkan.

Meski sebagai tenant, kehadiran mobil terbaru dan unik tersebut seakan menjadi sebuah acara, karena mobil tersebut tidak selamanya di-display dan mengundang publik untuk melihat langsung.

Nanti ada apa lagi ya di Spark? (Joule)