Clutch Set JAOS Bikin Kopling Suzuki Jimny Terbaru Lebih Awet Saat Digeber

  • Oleh : Julfikri

Senin, 03/Janu/2022 18:49 WIB
Clutch set JAOS membuat kopling Suzuki Jimny terbaru lebih awet saat digeber (sumber: JAOS) Clutch set JAOS membuat kopling Suzuki Jimny terbaru lebih awet saat digeber (sumber: JAOS)

SoundandMachine.com (Jepang) – Salah satu yang menjadi concern ketika off-road menggunakan transmisi manual adalah koplingnya. Pasalnya, terkadang pengemudi harus menggeber kendaraannya untuk menghadapi medan berat, dan itu membuat kopling bisa lebih cepat habis.

Namun, tuner spesialis off-road asal Jepang, JAOS, merilis clutch set atau kopling set, yang terdiri dari kampas dan cover, untuk SUV Suzuki Jimny terbaru bertransmisi manual.

Kopling tersebut menawarkan daya tahan yang lebih baik dibanding standarnya ketika pemakaian kondisi ekstrim, seperti misalnya setengah kopling dalam waktu lama.

(sumber: JAOS)

Pasalnya, kampas kopling tersebut terbuat dari metal yang tahan pudar untuk menghadapi temperatur panas, dan besarnya torsi serta putaran mesin, ditambah cover yang mendukung untuk  performa.

Material metal memiliki gesekan yang lebih besar, sehingga meningkatkan momentum inersia, yang membuat mesin tidak gampang mati ketika injakan kopling dilepas, dan juga tidak mudah selip.

(sumber: JAOS)

Selain itu dengan kopling tersebut, membuat pengemudi bisa mengoper gigi lebih cepat, termasuk untuk pemakaian kompetisi.

Kopling set bernama BATTLEZ tersebut memakai teknologi serupa dengan mobil reli Asia Cross Country Rally (AXCR), yang membuatnya memiliki daya tahan lebih.

Meski demikian, kopling tersebut tetap legal untuk pemakaian jalan raya, dan juga dibuat tetap nyaman untuk pemakaian dalam kota.

Hanya saja, bagaimana kopling tersebut dipasang bisa membuat kenyamanan dan kontrolnya akan berubah. Selain itu, berhubung material yang dipakai berbahan metal, getaran dan suara abnormal bisa terjadi.

Kopling set BATTLEZ JAOS sudah plug and play untuk Jimny berkode JB74 tersebut, dengan waktu pemasangan antara 3-4 jam.

(Joule)