Pakai Hilux Baru, Toyota Gazoo Racing Berhasil Juara Reli Dakar 2022

  • Oleh : Julfikri

Senin, 17/Janu/2022 11:32 WIB
Pakai Hilux baru, Toyota Gazoo Racing juara reli Dakar 2022 oleh pereli Nasser Al-Athiyah dan Mathieu Bamuel (sumber: Toyota Gazoo Racing) Pakai Hilux baru, Toyota Gazoo Racing juara reli Dakar 2022 oleh pereli Nasser Al-Athiyah dan Mathieu Bamuel (sumber: Toyota Gazoo Racing)

SoundandMachine.com (Arab Saudi) – Toyota Gazoo Racing berhasil menjuarai ajang reli Dakar yang diadakan di Arab Saudi pada tanggal 1 hingga 14 Januari 2022, dengan gacoan terbarunya, yaitu GR DKR Hilux T1+.

Baca Juga:
Hadirkan Pengalaman Seru Bernuansa Motorsport, Toyota GR Tour Hadir di Jakarta

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Dengan pereli Nasser Al-Attiyah dan navigator Mathieu Bamuel, GR DKR Hilux T1+ berhasil memenangkan reli Dakar dengan total waktu 38 jam 33 menit 3 detik, setelah menempuh 12 stage selama 14 hari.

Baca Juga:
Lebih Dekat dengan Masyarakat, Toyota Adakan Gazoo Racing Tour di Kota Surabaya

Selain itu, untuk pemenang stage 12 atau stage terakhir reli Dakar 2022, dimenangkan oleh pereli Henk Lategan dan navigator Brett Cummings yang juga menggunakan GR DKR Hilux T1+.

“Kemenangan yang epic untuk Nasser dan Mathieu, dan semua tim. Ikut reli Dakar dan menang dengan GR DKR Hilux T1+ terbaru kami itu menakjubkan.” buka Glyn Hall, Team Principal Toyota Gazoo Racing dalam keterangan resminya (14/1/2022).

Baca Juga:
Digandeng Perusahaan Properti Ciputra, Komunitas Toyota Land Cruiser Kembali Adakan Meet-up

GR DKR Hilux T1+ memakai bodi full-composite dengan konstruksi tubular yang dikembangkan khusus untuk ajang reli Dakar mengikuti regulasi baru.

Travel suspensi double-wishbone-nya ditingkatkan dari 280 mm menjadi 350 mm yang membuat ban BF Goodrich-nya bisa lebih besar dari 32 inci menjadi 37 inci. Lebar ban juga bertambah dari 245 mm menjadi 320 mm.

Pelek Method Race Wheels 17 inci-nya dibiarkan tanpa cat, tepatnya finishing bahan mentah aluminiumnya, karena menurut tim akan menguntungkan ketika terkena radiasi panas.

Mobil tersebut mengangkut 2 ban serep, setelah sebelumnya mengangkut 3 ban serep karena adanya perubahan regulasi.

Salah satu yang paling menarik dari GR DKR Hilux T1+ adalah mesinnya yang menggunakan Toyota Land Cruiser 300 terbaru, yaitu 3.500 cc twin-turbo V6 berkode V35A-FTS.

Mesin tersebut membuat low-down torque-nya lebih tinggi dibanding pendahulunya, sehingga kapabel untuk menopang bobot kendaraan seberat 2.000 kg karena regulasi FIA.

Menariknya, tim hanya memodifikasi intercooler-nya saja untuk keperluan motorsport dan menambah engine management dari MoTec, selebihnya standar, sehingga memiliki tenaga 298 kW dan torsi 660 Nm.

Dengan layout mid-engine, mesin Land Cruiser 300 tersebut disalurkan oleh transmisi sekuensial Sadev 6-percepatan ke semua roda, dengan limited slip differential di depan, tengah, dan belakang, dan kopling ceramic plate 215 mm.

(Joule)