Makin Nyaman dengan Head Unit Teknologi Terkini di Peugeot 3008 dan 5008

  • Oleh : edo

Rabu, 19/Janu/2022 15:20 WIB
Ilustrasi Head Unit dengan Teknologi Apple CarPlay Ilustrasi Head Unit dengan Teknologi Apple CarPlay

SoundandMachine.com (Jakarta) - Saat ini teknologi head unit mobil sudah semakin canggih. Bila dahulu masih mengandalkan CD atau pun kaset, kini semua itu sudah mulai ditinggalkan.

Kini, head unit dengan fitur Apple CarPlay & Android Auto semakin diminati. Namun tak semua mobil hadir dengan head unit yang memiliki teknologi tersebut sebagai standar.

Baca Juga:
Semakin Canggih, Head Unit Mirai Kini Dilengkapi Fitur Built-in Kamera 360 Empat Sisi

"Hanya beberapa mobil mempunyai fitur ini salah satunya New Peugeot 3008 & 5008 SUV," ujar Fadjar Tjendikia, Finance & Marketing Dept. Head Astra Peugeot. Ia menambahkan, untuk New Peugeot 3008 & 5008 SUV, menggunakan layar 8 inci untuk varian Active dan layar 10 inci untuk varian Allure. 

Bisa dikatakan secara fungsi dan tampilan antarmuka layar tidak jauh beda. Sehingga penumpang di dalam kabin tetap terhibur, dan terkoneksi dengan aman. Apple CarPlay & Android Auto sendiri adalah fitur yang disediakan oleh Apple & Google. 

Baca Juga:
Head Unit Asuka BM-Series 2, Tawarkan Kualitas Suara Premium Berbasis Android

"Fitur itu memudahkan pengemudi berkendara secara aman dan nyaman tanpa terdistraksi telepon genggam. Sehingga tidak bermain handphone saat berkendara. Makanya aplikasi Youtube atau Video Player tidak tersedia. Karena penyetelan video saat berkendara dianggap mengganggu konsentrasi,” jelas Fadjar.

Baca Juga:
Head Unit Standar Tidak Bisa Diganti? Alpine UTX-M08 Jadi Solusi Upgrade Audio Mobil Masa Kini

Lalu apa sih Apple CarPlay & Android Auto itu? Fitur unik ini dapat menampilkan tampilan HP Android dan iOS ke Head Unit, seperti Screen Mirroring yaitu menampilkan tampilan ponsel pintar ke beberapa tipe Televisi.

Baik Apple CarPlay atau Android Auto fiturnya hampir sama. Bedanya Android Auto khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan Apple CarPlay khusus untuk ponsel iOS yaitu iPhone dan iPad. 

Hanya saja sistem operasi mendukung perangkat Android atau iOS minimal harus keluaran terbaru. Skema kerja Apple CarPlay & Android Auto sangat sederhana. Apalagi untuk mengaktifkan hanya perlu menghubungkan kabel USB orisinal iPhone atau Android. 

Umumnya, Secara otomatis fitur sudah bisa dinikmati pada layar screen. Jika pada screen menampilkan pesan “not compatible” maka perlu mendownload aplikasi Android Auto pada Play Store. Meskipun proses transfer menu saat akan mengaktifkan pada head unit harus dilakukan pada layar monitor.

Saat head unit terkoneksi, hanya beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Seperti telepon, musik, peta navigasi, pesan, dan musik. Menariknya, saat melakukan panggilan telepon atau membacakan pesan yang masuk, terasa optimal digunakan ketika sedang berkendara. 

"Melalui perintah suara guna membantu pengoperasian panggilan telepon. Adapun untuk aplikasi unduhan yang kompatibel dengan fitur ini adalah Spotify, Podcasts, Beats Radio, iHeartRadio dan Stitcher. Jadi, tidak sulit mengaktifkan Apple CarPlay & Android Auto di Peugeot 3008 & 5008 SUV," pungkas Fadjar. (EPS)