MINI Recharged, Hadirkan Solusi MINI Klasik Jadi Kendaraan Listrik

  • Oleh : ADV

Selasa, 25/Janu/2022 15:55 WIB
MINI Recharged MINI Recharged

SoundandMachine.com (Jakarta) - Buat para pemilik mobil MINI klasik, namun tetap ingin mengkuti perkembangan zaman, dimana teknologi sumber penggerak mobil kini lebih condong ke arah elektrifikasi, ada kabar baik nih dari pabrikan MINI.

Sebab, merek legendaris asal Inggris tersebut, baru saja memperkenalkan program internal baru yang disebut Recharged. Dalam program tersebut, para pemiliki klasik bisa mengubah mesin konvensionalnya menjadi murni menggunakan listrik. 

"Dikembangkan oleh tim insinyur di pabrik kami di Oxford, program saat ini dilakukan secara eksklusif di Inggris dan cocok dengan strategi masa depan merek yang memprioritaskan elektrifikasi," ujar Bernd Körber, selaku Head of MINI.

Menurut Bernd, ide untuk program tersebut telah disiapkan bahkan sebelum MINI Cooper SE meluncur, yang merupakan mobil listrik pertama MINI. Paket konversi ini sebenarnya telah dikenalkan pada tahun 2018, saat debut Classic Mini Electric di New York International Auto Show.

Nantinya, pemilik Mini asli, yang diproduksi mulai dari tahun 1959 hingga 2000, akan dapat mengirimkan mobil mereka dan mengganti mesin empat silinder seri-A dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 122 PS atau 90 kW.

Menggunakan motor listrik tersebut, membuat kemampuan akselerasi MINI klasik menjadi melonjak lebih kencang. Buktinya, waktu tempuh dari 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar sembilan detik saja.

"Motor listrik mengambil daya dari baterai tegangan tinggi, yang dapat diisi dengan output 6,6 kW untuk jarak sekitar 160 km," jelas Bernd. Menariknya, setiap mobil yang mengalami konversi juga akan mendapatkan kluster instrumen yang dimodifikasi lebih modern namun tetap mempertahankan tampilan khas Mini.

Asyinya lagi, bila pemilik mobil merasa bosan dan kangen untuk merasakan mesin bensin lawasnya, paket konversi listrik itu dapat dengan mudah dikembalikan seperti semula.

"Apa yang tim proyek kembangkan mempertahankan karakter Mini klasik dan memungkinkan para penggemarnya untuk menikmati performa serba elektrik. Dengan MINI Recharged, kami menghubungkan masa lalu dengan masa depan merek," pungkas Bernd. Seru juga nih! (EPS)