Cocok untuk SQ dan SQL, Ini Keunggulan Focal Flax Evo PS 165 FXE

  • Oleh : ADV

Kamis, 17/Feb/2022 16:21 WIB
Focal Flax Evo PS 165 FXE Focal Flax Evo PS 165 FXE

SoundandMachine.com (Jakarta) - Selain head unit, komponen audio yang sering diganti untuk upgrade tahap awal di mobil biasanya adalah speaker hingga subwoofer.

Bila kawan Sound and Machine juga kebetulan ingin meningkatkan kualitas audio standar mobilnya, dengan suara speaker yang lebih jernih dan merdu, ada produk menarik nih dari Focal.

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

Pasalnya, merek audio buatan Perancis tersebut, memiliki speaker bernama Flax Evo PS 165 FXE. Produk ini disebut sebagai penyempurnaan dari model Focal Flax yang sudah ada sebelumnya.

Lalu apa saja keunggulannya? Pertama kita lihat dari kelengkapannya.  Sebagai speaker 2-way, dalam kemasan Flax Evo PS 165 FXE telah dilengkapi midbass, tweeter dan crossover pasif.

Baca Juga:
Instalasinya Unik, Toyota Land Cruiser 70 ini Upgrade Audio Pakai Focal ES K2 Power Terbaru

Lalu, ada beberapa pengembangan teknologi, yang dilakukan Focal pada speaker ini. Pertama adalah penggunaan konstruksi Tunes Mass Damper (TMD) pada surround.

TMD, disebut sanggup menghasilkan gerak konus yang lebih linier pada volume rendah maupun tinggi, serta pada frekuensi rendah maupun menengah, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih stabil.

Baca Juga:
Konsisten Hadirkan Inovasi Baru Audio Mobil, Begini Kiprah Focal Indonesia Selama Tahun 2023

Kedua, middbasnya menggunakan face flux, yang berguna untuk memperbesar pancaran suara. Bila speaker biasa sulit untuk mendapat staging (arah suara) yang optimal, namun di speaker ini pacaran suaranya akan jauh lebih baik.

Selain itu, untuk komponen tweeter, telah dilengkapi gril pelindung dan konstruskinya juga jauh berbeda di banding flax sebelumnya, karena sudah menggunakan M construction.

Sehingga, frekuensinya bisa main lebih tinggi, sekaligus juga bisa main di frekuensi lebih rendah.  Tweeternya sendiri, bisa bermain hingga frekuensi 28.000 Hz.

Secara keseluruhan, speaker Flax Evo PS 165 FXE memiliki power handling 160 watt. Bila anda memiliki amplifier berkapasitas 80 sampai 160 watt, tentunya sudah bisa membunyikan speaker ini dengan baik.

Menariknya, selain cocok untuk bermain Sound Quality (SQ), speaker ini juga cocok untuk bermain Sound Quality Loud (SQL).

Mengenai harga, produk yang dibekali magnet berukuran kompak sehingga dapat dipasang diberbagai jenis mobil ini, dibanderol sekitar Rp 13 jutaan.

Bila berminat, Anda bisa mendapatkannya melalui diler PT Audioworkshop terdekat atau di akun tokopedia Audioworkshop. (EPS)