Siap Digelar Mulai 12 Maret, Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 Manfaatkan Momentum Promo PPnBM

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 10/Mar/2022 10:30 WIB
Ilustrasi pameran Gaikindo Ilustrasi pameran Gaikindo

SoundandMachine.com (Jakarta) – Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) akan diadakan pada tanggal 12-20 Maret 2022 yang berarti sudah dekat. Sejumlah pabrikan telah mengumumkan aktifitas mereka untuk acara GJAW di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Sekedar informasi, GJAW diadakan atas arahan dari Kementerian Perindustrian dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan mobil, dan Gaikindo mewadahi para pabrikan untuk melakukan hard selling.

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

“Kita akan membuat para pemain otomotif menjadi mandiri, dan biarkan mereka berkreasi dengan strategi marketing mereka masing-masing. Intinya supaya bisa menaikkan penjualan.” buka Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo kepada SoundandMachine.com dalam sebuah konferensi pers offline di Jakarta Convention Center (9/3/2022).

Baca Juga:
Gelar Kontes Audio Seri Kedua Musim 2023-2024, EMMA Buka Tiga Kelas Baru Kategori Sound Quality

Adapun pabrikan yang mengumumkan aktifitasnya di konferensi pers antara lain Toyota, Honda, Mitsubishi, Wuling, MG, Isuzu, Suzuki, Mazda, Kia, Daihatsu, Hyundai dan Lexus.

Para pabrikan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan memboyong banyak lini produknya di GJAW.

Baca Juga:
Animo Tinggi Industri Aftermarket Berpameran di GIIAS 2023, Slotnya Melebihi Kapasitas

Mengacu pada tujuan pengadaan GJAW, kebanyakan pabrikan mengadakan promosi selama pameran berlangsung, baik untuk produk yang mendapat insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) maupun tidak.

Namun ada pabrikan yang memanfaatkan momen GJAW untuk memperkenalkan sebuah produk, yaitu Kia dan Lexus. Kia akan memperkenalkan produk MPV terbarunya yang kemungkinan adalah Carens, sementara Lexus akan memperkenalkan SUV terbaru dan bisa dipastikan Lexus NX.

Momen GJAW juga dimanfaatkan oleh Mazda untuk pre-order Mazda CX-5 minor change yang akan diluncurkan pada 1 April 2022 mendatang. Mazda juga akan memamerkan CX-5 minor change di GJAW, namun dibuat tertutup.

Wuling memang belum meluncurkan mobil listrik mungil Global Small Electric Vehicle (GSEV) seperti ketika berpameran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), tetapi mobil tersebut akan dipamerkan di GJAW untuk sounding.

Meski tujuan utamanya adalah hard selling, Toyota akan memanfaatkan momen GJAW untuk memperkenalkan teknologi dan juga memperkuat eksistensi brand Toyota Gazoo Racing dengan mengadakan Toyota Gazoo Racing day di hari pertama pameran.

Selain itu, ada pabrikan yang akan mengadakan acara khusus di tengah momen GJAW. Seperti Isuzu yang mengadakan sesi talkshow, dan Mitsubishi mengadakan acara brand ambassador-nya yaitu Rifat Sungkar.

Jadi seperti itulah aktifitas dari pabrikan untuk berpameran di GJAW. Meski skalanya lebih kecil dibanding GIIAS, para pabrikan tetap bersemangat untuk berpameran di GJAW, bahkan memakai konsep seperti ketika berpameran di GIIAS.

(Joule)