Dua Faktor ini Jadi Pengembangan Standar Emisi Euro4 di Mesin Mitsubishi Fuso

  • Oleh : anto

Jum'at, 25/Mar/2022 18:25 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) - Saat ini industri otomotif di Indonesia, khususnya segmen kendaraan komersial akan menyesuaikan peraturan emisi gas buang Euro4 yang akan diterapkan pada bulan April 2022 ini oleh pemerintah.
 
Guna menyambut regulasi Euro4, Mitsubishi Fuso memperkenalkan sekaligus model terbarunya secara virtual pada Kamis, 24 Maret 2022.
 
Total ada 29 varian truk Canter (15 varian) dan Fighter X (14 varian) yang sudah menyesuaikan standar emisi gas buang ini.
 
Hadir dengan standar Euro4, masing-masing truk dibekali mesin kode 4V21 untuk Canter dan mesin kode 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Commonrail Diesel.
 
Setidaknya ada dua faktor yang jadi pengembangan standar emisi Euro4 di mesin yang diusung varian baru Mitsubishi Fuso ini.
 
“Pertama, pengembangan Euro4 sebenarnya adalah kewajiban kita untuk memasarkan kendaraan yang ramah lingkungan, dilandasi regulasi yang ditetapkan pemerintah,” jelas Duljatmono, Sales and Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.
 
Hal ini disampaikannya pada sesi tanya jawab media dalam kegiatan uji coba varian Mitsubishi Fuso terbaru di Tangerang, Banten pada Jumat, 25 Maret 2022.
 
 “Supaya produk kita diterima pasar, pertama kita harus mendengar suara konsumen. Permintaan dan perhatiannya apa, dan semuanya kita tahu lengkap,” ungkap pria yang gemar mengemudi ini.
 
Disebutnya, lini produk Fuso yakni Fighter telah menggunakan teknologi commonrail yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2019.
 
“Artinya customer sudah mengenal commonrail. Jadi proses transisi ke Euro4 akan berjalan baik. Kami mendengar suara dari customer bukan hanya untuk Fighter, tapi juga produk LDT (Light Duty Truck) lainnya dan itu sudah kami refleksikan di dalam produk Euro4 kami, baik Canter dan Fighter X terbaru,” tegasnya.
Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur KTB (kiri) & Duljatmono, Sales and Marketing Director KTB (kanan).

Improvisasi dari suara konsumen diantaranya gvew, torsi dan rear overhang juga ramah lingkungan. Teknologi mesin juga sudah disesuaikan dengan regulasi dan ada kelebihan serta fasilitas lainnya.  
 
“Itu semua adalah keinginan dan kebutuhan konsumen yang sudah direfleksikan. Itulah upaya kami supaya produk kami bisa diterima pasar dan diterima konsumen dengan baik,” tutupnya.
 
Jadi selain sudah Euro4 ready, varian terbaru Mitsubishi Fuso diyakini telah memenuhi ekspektasi konsumen. (anto)

Baca Juga:
Jadi Truk Listrik Pertama di Indonesia, Mitsubishi Fuso eCanter Siap Dijual di GIIAS 2024