Asuka Tawarkan Head Unit Android Layar Besar di PAHAMI Village IIMS Hybrid 2022

  • Oleh : anto

Senin, 04/Apr/2022 10:45 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – PT. Intersis Sejahtera Abadi selaku authorized distributor peranti audio merek Asuka, baru saja meluncurkan head unit berbasis android yang dilabeli BM Series seri 2.  
 
Dimana, Asuka menawarkan produk head unit android dengan layar besar. Peranti ini diperkenalkan di ajang IIMS Hybrid 2022 pada 2 April di area PAHAMI Village di Hall B1 JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Dirancang khusus dan dibekali Hardware DSP, Asuka BM-2 memiliki IC (Integrated Circuit) suara yang dibuat oleh produsen IC terbaik, yakni Asahi Kasei Microdevices (AKM).
 
Pabrikan ternama asal Jepang ini dikenal sebagai produsen produk IC tercanggih yang menampilkan teknologi signal analog maupun digital.  
 

Sehingga head unit Asuka BM-Series 2 diklaim memiliki hasil output audio nomor wahid di kelas premium.  
 
“Keunggulannya yaitu suara frekuensi rendah yang tebal, frekuensi tengah yang bersih, frekuensi tinggi yang jernih dan garing, pembagiannya sangat jelas,” ujar Albert Lim, Marketing Manager Asuka Car TV kepada Soundandmachine.com di lokasi booth-nya.  
 
Menurutnya, dengan speaker standar bawaan dari mobil pun, sudah dapat dimaksimalkan kualitas suaranya dengan hanya memasang head unit Asuka ini.  
 
BM-Seri 2 ini juga disebut memiliki kemampuan untuk membaca banyak format file, seperti .wma dan .flac yang memang memiliki resolusi Audio yang tinggi, bahkan hingga .dsd file.  
 
“Sejak keluarnya head unit dengan Android OS persaingan di kalangan pihak produsen meningkat. Mereka berlomba pada fiturnya seperti kebagusan layar, besaran memori, tapi tidak ada yang perhatikan tentang kualitas suaranya,” ungkap Albert.  
 
“Di luar sana selalu bisa kita dapati unit-unit yang baru dengan memori yang terus meningkat, tapi bicara fungsi sebenarnya, apa sih yang dibutuhkan dalam sebuah head unit? Apakah benar-benar perlu sampai memori yang sangat besar, kan tidak selalu itu,” jelasnya.  

Baca Juga:
Gali Potensi Instalatur Baru, Dominations Audio Adakan Car Audio Installer School Part 1


 
Karena menurutnya, pemakaian head unit bukan seperti pakai smartphone. Justru hal penting yang diperlukan dalam suatu head unit adalah kualitas suara yang dihasilkannya, karena itu lah fungsi Sound System dalam mobil.  
 
“Nah itulah yang ASUKA BM-Series 2 sajikan, kualitas suaranya yang saat ini menjadikannya the best sound quality head unit di kelasnya,” tambah Albert.  
 
BM-Series 2 mengedepankan ‘User Experience’ atau yang biasa disebut pengalaman pengguna lewat fitur layar sentuh head unit berukuran 9 inch (BM-209P) dan 10 inch (BM-210P).  
 
Untuk head unit model terbaru pada umumnya, saat ini ukuran layar 9 inch dan 10 inch sudah menjadi standar baru head unit berlayar besar. Karena sifatnya universal, bisa digunakan di hampir semua jenis mobil di Indonesia.  
 
Keamanan dan kenyamanan pengguna jadi prioritas, terlihat dari beberapa interface desainnya. Dari Icon Menu yang minimalis dan juga fungsi Split Screen juga dapat dilakukan pada head unit ini.  
 
Sehingga memutar music video dapat dilakukan sembari tetap mengikuti aplikasi navigasi. Ditambah lagi kemampuan membaca multi-touch gesture, yaitu dengan dua jari digeser ke kiri atau ke kanan untuk mempermudah naik turun volume suara.  
 
Asuka BM-Series 2 sendiri akan dibanderol mulai dari harga Rp 11.000.000,-. Head unit ini bisa disandingkan dengan berbagai macam frame OEM untuk masing-masing jenis mobil.  
 
Ditambah CANBUS untuk mengintegrasikan sistem digital tombol Remote Setir, demi mengikuti kebutuhan berbagai macam mobil yang akan dipasangkan dengan head unit Sound Quality berbasis Android canggih ini. Boleh juga nih. (anto)  


 

Baca Juga:
Gelar Alpine Day, Niki Motor Hadirkan Power Supply Terbaru Dominations Powerplant