Hadapi Medan Tidak Menentu, Toyota GR Yaris Pimpin Seri Ketiga World Rally Championship 2022

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 26/Apr/2022 18:10 WIB
Toyota GR Yaris yang dikendarai oleh pemenang seri ketiga WRC 2022, pereli Kalle Rovanperä dengan navigator Jonne Halttunen (sumber: Toyota Gazoo Racing) Toyota GR Yaris yang dikendarai oleh pemenang seri ketiga WRC 2022, pereli Kalle Rovanperä dengan navigator Jonne Halttunen (sumber: Toyota Gazoo Racing)

SoundandMachine.com (Kroasia) – Toyota GR Yaris, melalui tim Toyota Gazoo Racing, semakin menunjukkan performanya di seri ketiga World Rally Championship (WRC) yang diadakan di Kroasia pada tanggal 21 hingga 24 April 2022.

Pasalnya, GR Yaris menunjukkan performanya di seri ketiga yang medannya tergolong ekstrim karena cuaca tidak menentu, sehingga mengakibatkan kondisi medan jalan tidak bisa diprediksi, dan mempersulit tim untuk menentukan ban yang tepat.

Baca Juga:
Hadirkan Pengalaman Seru Bernuansa Motorsport, Toyota GR Tour Hadir di Jakarta

“Informasi kami tidak melihat hujan datang di 2 stage terakhir, dan kami melihat betapa sulitnya mendapatkan cengkeraman dari ban keras.” buka Jari-Matti Latvala, Team Principal Toyota Gazoo Racing World Rally Team dalam keterangan resminya (25/4/2022).

Pemenang seri ketiga WRC jatuh kepada pereli Kalle Rovanperä dengan navigator Jonne Halttunen dengan total waktu 2 jam 48 menit 21,5 detik.

Baca Juga:
Lebih Dekat dengan Masyarakat, Toyota Adakan Gazoo Racing Tour di Kota Surabaya

Hari pertama stage ketiga, Kalle memimpin semua stage di medan aspal yang pada waktu itu hujan deras.

Akan tetapi di hari kedua, GR Yaris yang dikendarai oleh Kalle mengalami kerusakan pada ban hingga selisih dengan kompetitor di belakangnya semakin dekat, meskipun pada akhirnya tetap memimpin.

Baca Juga:
Andalkan GR Yaris Berspesifikasi AP4, Toyota Langsung Juara di Seri I Kejurnas Sprint Rally 2022

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat tim memutuskan untuk memakai ban basah dan ban kering berkompon keras mulai hari ketiga perlombaan.

Dengan ban seperti itu membuat Kalle dirugikan ketika menghadapi jalanan yang sangat licin untuk menghadapi para lawannya dengan ban berkompon empuk, hingga sempat kehilangan posisi pertama.

Menariknya, dengan ban yang sama seperti stage sebelumnya, Kalle masih bisa memimpin stage terakhir dalam kondisi jalanan kering dan sedikit berlumpur, dengan selisih 5,6 detik dari kompetitornya Ott Tänak.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

“Kami tidak berpikir pilihan bannya bagus untuk stage terakhir, dan juga seberapa banyak medan lumpurnya. Kami memutuskan untuk lakukan saja, push hard, dan waktunya sangat baik.” jelas Kalle Rovanpera, Pereli Toyota GR Yaris.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Performa Kalle yang tak terduga bahwa bisa memenangkan seri ketiga WRC dengan kondisi stage seperti ini menjadi motivasi bagi Akio Toyoda, sebagai orang nomor satu Toyota Motor Corporation untuk membuat mobil lebih baik.

Akio juga mengapresiasi kinerja pereli GR Yaris lain yang nasibnya tidak seberuntung Kalle bahkan tidak mencapai podium, yaitu Elvyn Evans peraih posisi ke-5, Esapekka Lappi peraih posisi ke-49, dan Takamoto Katsuta peraih posisi ke-6.

“Anggota tim jangan terlalu peduli dengan jumlah kemenangan. Saya hanya mau mereka membuat mobil lebih baik. Kerja keras tentu akan membuahkan hasil, dan itu akan mengarah kepada acuan Toyota dalam pembuatan mobil.“ pesan Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Selamat untuk Kalle dan GR Yaris-nya. Semoga berjaya kembali di seri berikutnya. (Joule)