Instalasi Peredam Mobil Z3RO Solutions Berikan Kenyamanan Lebih Selama Berkendara

  • Oleh : redaksi

Sabtu, 30/Apr/2022 22:30 WIB
Pemasangan peredam Z3RO Solutions Pemasangan peredam Z3RO Solutions

SoundandMachine.com (Jakarta) – Peredaman menjadi salah satu hal yang paling mendasar dalam instalasi upgrade audio mobil, karena memaksimalkan kualitas suara dari speaker atau subwoofer, sekaligus meminimalisir dampaknya.


Apapun jenis atau kelasnya, speaker dan subwoofer bisa bekerja dengan maksimal apabila mobil dipasang peredam tambahan, sekaligus meminimalisir dampak seperti kerusakan akibat getaran yang ditimbulkan dari kerja komponen upgrade audio tersebut.

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar


Namun ternyata, peredam bukan hanya untuk meningkatkan kualitas car audio semata, tetapi juga kenyamanan selama berkendara, dan Z3RO Solution memiliki solusi untuk berbagai persoalan dalam peredaman.


“Z3RO Solutions itu metodologi akustik peredaman pada kabin mobil, pertama solusi getar, kedua solusi peredaman suara, ketiga peredaman panas. Dari ketiga permasalahan itu, juga dilakukan bahan peredaman yang berbeda.” buka Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solutions kepada SoundandMachine.com di JIExpo, Jakarta (3/4/2022).

Baca Juga:
Speaker Standar atau Modifikasi, Upgrade Audio Pakai DSP Audison Forza Bisa Jadi Solusi

Novia menyebut, untuk solusi getaran, Z3RO solutions memiliki peredam dengan bahan dasar aluminum butyl rubber yang memiliki ketebalan tidak lebih dari 2 mm, namun tetap mampu meredam getaran.

Baca Juga:
Gelar Alpine Day, Niki Motor Hadirkan Power Supply Terbaru Dominations Powerplant

Peredam butyl rubber bekerja meredam getaran yang ditimbulkan dari sistem pembakaran mobil dan gerakan mekanis lainnya, serta getaran dari luar yang bertumbukkan dengan mobil, seperti melewati jalan bergelombang, hingga road noise.


“Untuk permasalahan road noise, peredam juga bisa dipasang pada bagian dalam fender roda,” tambah Novi, sapaanya.

Kemudian sebagai tahap berikutnya setelah getaran, Z3RO Solutions memiliki solusi untuk peredaman suara dengan ketebalan antara 5 hingga 15 mm untuk mengisolasi suara. 

Misalnya tidak berminat upgrade audio, peredam tersebut membuat kualitas suara speaker standar menjadi lebih baik dibanding tanpa peredam.

“Dengan menggunakan peredam ini di bagian door trim, suaranya jauh akan lebih fokus dan jernih.” jelas Novi.

Untuk tahap ketiga, solusi peredaman panas dari Z3RO Solutions, yang mereduksi panas baik itu dari mesin maupun panas matahari. 

Peredaman seperti ini akan sangat berguna apabila terparkir di bawah terik matahari, karena tanpa menghidupkan AC-pun, peredamnya sudah bekerja mengurangi panas di dalam kabin jika dibandingkan dengan tidak memasangnya.

“Ada signifikasi pengurangan panas, jadi AC di mobil cepat dingin,” ungkap Novi.

Tak ketinggalan, peredam Z3RO Solutions terbuat dari material yang tidak berbau atau beracun, tidak menjalarkan api, dan lebih ramah lingkungan, sehingga memberikan ketenangan sepanjang perjalanan dalam kondisi apapun.


Tentunya untuk performa bagaimana peredam tersebut bekerja bisa berbeda, karena tergantung antara jenis mobil dan instalasi peredaman yang dilakukan.
(*)