Kilas Balik Bulan Ramadhan Tahun 2022, Perhelatan Otomotif Kembali Semarak Pasca Pandemi

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 05/Mei/2022 15:30 WIB
Deretan acara otomotif yang diadakan di bulan Ramadhan 2022. Deretan acara otomotif yang diadakan di bulan Ramadhan 2022.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Tidak terasa bulan suci Ramadhan tahun 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi telah berakhir, dan untuk tahun ini para penggemar otomotif di Indonesia mendapatkan banyak berkah.

Pasalnya, kondisi pandemi sudah jauh lebih baik dibanding 2 tahun terakhir, sehingga membuat banyak kalangan bisa kembali mengadakan acara otomotif di bulan puasa seperti meet-up dan buka puasa bersama (bukber).

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

Itupun bukan hanya dari komunitas, tetapi juga sampai ke level event organizer berskala besar.

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Penundaan perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yang awalnya diadakan tanggal 17-27 Februari menjadi 31 Maret hingga 10 April 2022, ternyata ada hikmahnya, karena jadi mewarnai momen bulan Ramadhan.

Meski IIMS Hybrid 2022 tidak sepenuhnya bertepatan dengan bulan puasa, karena di tanggal 31 Maret hingga 2 April 2022 masih belum memasuki bulan Ramadhan. Akan tetapi acaranya lebih semarak dibanding tahun 2021, sehingga menjadi momen paling tepat untuk ngabuburit.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Sebut saja lebih menarik minat orang untuk test drive atau bahkan membeli mobil, parade bisa diadakan kembali, kontes modifikasi Hot Import Nights lebih banyak, kontes audio diadakan lebih dari 2 asosiasi, dan masih banyak lagi kemajuan.

Kondisi pandemi yang sudah lebih mendukung memotivasi para komunitas otomotif untuk mengadakan bukber kembali. Salah satunya komunitas Rally Look Indonesia (RLI) yang mengadakan bukber pada tanggal 15 April 2022 di Ranch Market Pondok Indah.

Momen Ramadhan juga dimanfaatkan penggemar otomotif tertentu untuk memeriahkan kembali animo mobil tertentu dengan merangkul para pemiliknya, baik dari kalangan komunitas maupun non-komunitas.

Seperti meet-up para pemilik Toyota 86 dan Subaru BRZ pada tanggal 15 April 2022 di Pantai Indah Kapuk, dan Ngabuburide Station Wagon yang merangkul pemilik station wagon pada tanggal 16 April 2022 dengan rolling thunder dari Parkir Timur Senayan ke Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta.

Para penggemar mobil modifikasi khususnya wilayah Jabodetabek, juga menikmati berkah di bulan Ramadhan, karena perhelatan Road to Indonesia Modification and Lifestyle Expo 2022 diadakan pada tanggal 23 April 2022 di Mall Taman Anggrek, Jakarta.

Di acara Road to IMX 2022 Jakarta, penggemar bukan hanya bisa menikmati sejumlah mobil modifikasi dari para partisipan, tetapi juga menyimak tips-tipsnya, dan dalam perhelatan tersebut mengangkat tema mobil modifikasi untuk mudik lebaran.

Komunitas sportscar DayNightCrew (DNC) kembali mengadakan acara run yang diakhiri bukber pada tanggal 24 April 2022 dari Pantai Indah Kapuk ke restoran Padang Merdeka, Gading Serpong Tangerang, yaitu LebaRun dan BukBer.

Untuk bulan puasa tahun ini, DNC hanya mengadakan 1 acara, berbeda dengan tahun lalu dimana meskipun kondisi pandemi belum sebaik sekarang, bisa mengadakan 2 acara.

Jadi seperti itulah keseruan acara otomotif yang kembali semarak di bulan Ramadhan tahun 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi. Semoga kondisi pandemi terus membaik hingga menjadi endemi, sehingga lebih memungkinkan untuk membuat perhelatan yang lebih semarak lagi. (Joule)