Jadi Solusi Praktis, Ini Tips Pasang Peredam Sebagai Tahap Awal Pada Instalasi Audio Mobil

  • Oleh : redaksi

Selasa, 21/Jun/2022 20:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Diketahui, seorang konsumen car audio pernah bertanya, “Saya ingin pasang peredam untuk maksimalkan audio, mana aja bagian yang paling penting?”.  
 
Pertanyaan tersebut datang kepada founder sekaligus instalatur CAS Audio, Rokhim. Memang pertanyaan ini sering terlintas juga di benak para car audio enthusiast.  
 
Seperti yang sering kita dengar di pom bensin saat mengisi bahan bakar, “Dimulai dari nol ya pak.”.  
 
Demikian juga hal ini, sejatinya peredam pada sebuah instalasi audio mobil adalah hal pertama yang di instalasi.  
 
Jangan sampai semua boks audio dan perangkat lain sudah terpasang lalu harus dibongkar kembali untuk memasang peredam.
 
Lalu apa sebenarnya resep peredaman yang maksimal dari Rokhim CAS Audio?  
 
“Untuk maksimalkan audio, itu minimal 5 pintu. Kalau memang mobilnya 3 baris ya atau 7 seater. Itu 5 pintu, depan dua pintu, tengah dan bagasi,” jelas instalatur yang buka gerai di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat ini.
 
Hal ini diungkapkannya pada segmen video #BicaraPeredam : Kupas Tuntas Kebutuhan Peredam Mobil yang telah tayang di kanal YouTube : Sound and Machine Channel.
 
Selanjutnya Rokhim menambahkan, “Yang kedua baru kita akan sarankan konsumen untuk menambahkan di fender depan sama inner fendernya, yang paling sangat dibutuhkan.”.
 
Apa hanya itu saja? Mengingat ini adalah langkah awal dari instalasi audio, sejatinya ini mulai dari nol.  
 
Pemilihan peredam baiknya pilih yang berkualitas baik dari segi material dan spesifikasi, bukan asal tebal.  
 
Rokhim lalu menambahkan, “Peredam banyak, menurut saya yang grade-nya paling tinggi, saat ini baru ditemukan pada produk peredam Z3RO,”. 


Penjelasan dari Rokhim lalu berlanjut ke ketebalan peredam Z3RO yang menurutnya tidak over tebal dimana akan berpengaruh ke bobot, namun disisi lain sudah ada pelapis aluminium yang sangat ideal.  
 
Pemasangan peredam Z3RO juga sangat mudah diatur bagi seorang instalatur, mudah ditekuk dan dibentuk mengikuti kontur bidang.
 
Pada penjelasan berikutnya, Rokhim memberikan resep tambahan kunci dari peredaman yang maksimal adalah Z3RO fiber foam yang berbahan kombinasi PP dan fiber.  
 
Terakhir, resep dari Rokhim adalah Z3RO circle. “Kalau sudah pakai Z3RO circle, getaran-getaran yang ditimbulkan akan diredam dan suara akan lebih fokus,” ungkapnya.
 
Resep dari peredam mobil dari instalatur audio kepercayaan para artis nasional ini ternyata mudah saja. Boleh dicoba, nih! (*)

Baca Juga:
Mengenal Lebih Dalam Teknologi Slatefiber Cone di Speaker Focal PS 165 SF dan PC 165 SF