Mengenal Lebih Dalam Teknologi Slatefiber Cone di Speaker Focal PS 165 SF dan PC 165 SF

  • Oleh : ADV

Senin, 04/Jul/2022 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Kali ini Tim Sound and Machine ingin membahas lebih dalam tentang teknologi Slatefiber Cone yang di aplikasikan pada line-up terbaru produk speaker Focal seri PS 165 SF dan PC 165 SF.  
 
Apa sih sebenarnya slatefiber itu? Slatefiber adalah recycle karbon yang melalui proses press thermoplastic, hasil dari proses itu membuat produk lebih rigid.  
 
Bagian slatefiber yang dimaksud adalah bagian cone dari kedua produk speaker 2-way Focal PS 165 SF dan speaker coaxial PC 165 SF.
 
Karakteristik cone ini adalah dinamis, rich dan memiliki suara ultra-balance, khususnya pada mid-range.  
 
“Suara vocal empuk banget, rich nada bawahnya,” Wahyu Tanuwidjaja, CEO PT Audioworkshop selaku authorized distributor Focal di Indonesia (27/6/2022).
 
Menurutnya, kilas balik pada tahun 80-an Focal terkenal sebagai pionir pemakai material Kevlar.  
Kevlar sendiri terkenal memiliki suara yang ‘sweet’ alias terdengar manis dan ini adalah material terbaik untuk mid-range sound.  
 
Kali ini Focal juga menjadi pionir Teknologi Slatefiber, teknologi ini sudah rilis sejak 2019 lalu tapi karena pandemi, di Indonesia baru kali ini diluncurkan, sebaliknya kalau secara global diluncurkan awal tahun 2022.
Wahyu menyebut rigidity, damping dan lightness adalah tiga sifat utama dari slatefiber ini. Produk ini dibuat langsung di workshop Focal di Perancis yang berlokasi di Saint-Etienne.
 
Tujuannya untuk menjaga kombinasi dari produktivitas dan performa yang juga mengandalkan alat pembuatan khusus dari engineer Focal.
 
Focal PS 165 SF ini rencananya akan diluncurkan secara resmi di booth Audioworkshop pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).
 
Pameran otomotif tahunan ini akan diselenggarakan pada 11 – 21 Agustus 2022 di ICE BSD City Tangerang, Banten.  (*)

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu