Regulasi Diperbarui, Asosiasi Kompetisi Audio Mobil EMMA Indonesia Adakan Training Skala Internasional

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 09/Jul/2022 17:01 WIB
Suasana training juri yang diadakan oleh asosiasi kontes audio EMMA 2022. Suasana training juri yang diadakan oleh asosiasi kontes audio EMMA 2022.

SoundandMachine.com (Jakarta) – European Mobile Media Association (EMMA) kembali mengadakan pelatihan berskala internasional untuk para juri kompetisi audio mobil, pada tanggal 4-5 Juli 2022 lalu di Grand Orchardz Kemayoran, Jakarta setelah sebelumnya vakum di tahun 2021 karena pandemi.

Training tersebut diadakan secara berkala, dan untuk tahun ini ada update atau pembaruan pada regulasi dalam pengadaan kompetisi audionya.

Baca Juga:
Diikuti Banyak Peserta dari Instalatur Ternama, EMMA Gelar Seri Ke-7 Kontes Car Audio Musim 2023-2024

“Secara berkala EMMA mengganti lagu. Kita ganti materi lagu biasanya 2 tahun, supaya ga lagunya itu-itu aja, jadi kalau kompetisi bergulir 2 tahun, pasti kan jenuh. Dari EMMA global selalu memperbarui.” buka Robert Adrianto, President of EMMA Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi training (5/7/2022).

Baca Juga:
Gaet 300 Peserta, Final Kompetisi Audio Mobil Amoplus Sound Competition 2023 Jaring Wajah Baru

Penggantian lagu tersebut membuat standar penilaiannya juga ikut berubah karena menyesuaikan antara track dan modifikasi audio para peserta kontesnya.

“Materi untuk penilaian pasti disesuaikan dengan lagu terbaru. Kalau di 2018 seperti ada Sugarbox, penilaiannya berdasarkan frekuensi mulai 100, 80, 60, 40, 30, yang ini udah gak ada. Berubah lagi.” jelas Robert.

Baca Juga:
Digelar di Jakarta, Seri Ke-4 Mobile Sound Festival Buka Tiga Kelas Khusus Mobil Listrik

Dimentori oleh Marc Ayes yang menjabat sebagai EMMA Asia Manager, training tersebut dihadiri oleh lebih dari 40 peserta, termasuk para pemegang sertifikasi dari tahun sebelumnya.

Dari sekian banyaknya peserta yang mengikuti training, diantaranya adalah instalatur audio kawakan, yaitu Wahyu Tanuwidjaja, Eddie Soesanto, Johny Chandra, Filipus Sebastian, Sandy Wuntoro, Tedy ‘Bronson’, Susanto Cong, Maslim Djanuanto, Philip Adiguna, dan masih banyak lagi.

Setelah sesi materi secara teori, para peserta training juga melakukan praktek penilaiannya di mobil yang sistem audionya sudah dimodifikasi, sehingga lebih aktual dibanding menilai kualitas suara audio dengan setelan instalasi home.

Setelah mendapat sertifikasi, dalam waktu dekat para peserta training tersebut diantaranya akan melakukan praktek penjurian di kontes audio EMMA pada 20-21 Agustus 2022 mendatang, di tengah perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022. (Joule)