Andalkan GR Yaris Berspesifikasi AP4, Toyota Langsung Juara di Seri I Kejurnas Sprint Rally 2022

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 02/Agu/2022 16:25 WIB
Toyota Gazoo Racing Indonesia Andalkan GR Yaris AP4 untuk turun di Kejurnas Sprint Rally dan juara seri (sumber: Toyota) Toyota Gazoo Racing Indonesia Andalkan GR Yaris AP4 untuk turun di Kejurnas Sprint Rally dan juara seri (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Malang) - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mulai berkiprah di ajang kejuaraan nasional (kejurnas) sprint rally Indonesia, dengan Toyota GR Yaris berspesifikasi AP4.
Turun di kelas paling bergengsi yaitu M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2, GR Yaris Asia-Pacific 4WD (AP4) langsung juara seri pertama kejurnas sprint rally di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur pada tanggal 21 – 24 Juli 2022.

"Senang sekali performa GR Yaris yang memang lahir dari ajang balap rally dunia WRC, dapat mendukung tim TGRI tampil mendominasi di seri pembuka salah satu ajang balap nasional paling bergengsi yaitu Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 dengan baik." buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) dalam keterangan resminya (25/7/2022).

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Disamping kepiawaian pasangan pereli Ryan Nirwan dan koordinasi yang baik dari navigator Adi Indiarto, spesifikasi modifikasi tentunya berperan dalam memenangkan seri kejurnas sprint rally tersebut.

Merujuk pada regulasi AP4, berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. 
Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk meningkatkan performa aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. 
Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara. 
Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. 

(sumber: Toyota)

“GR Yaris AP4 dikembangkan oleh TGRI di support oleh jaringan yang sudah lebih berpengalamam yaitu TGR Australia (TGRA) untuk menghadirkan mobil reli yang tangguh dan andal sesuai dengan karakter lintasan reli di Indonesia yang unik dan menantang." jelas Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT. TAM.

Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track Sprint Rally yang sangat menantang.

(sumber: Toyota)

Di putaran pertama, tim TGRI berhasil meraih catatan waktu tercepat 04:43.7 pada saat Special Stage (SS) 1 dan 04:34.5 pada saat SS2. 
Capaian positif ini berlanjut ke putaran kedua, di mana GR Yaris AP4 berhasil mencatat waktu tercepat 04:27.3 di SS1 dan 04:24.4 di SS2, hingga berhasil mengamankan juara pertama.

"Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI dalam meraih gelar juara nasional di tahun ini,” pungkas Kawashima. Selamat untuk TGRI di ajang kejurnas sprint rally! (Joule)