Pakai Platform dan Mesin Anyar, Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur di Thailand

  • Oleh : redaksi

Rabu, 10/Agu/2022 13:10 WIB


Soundandmachine.com (Bangkok) – Setelah sebelumnya Toyota Thailand merilis sebuah video teaser sedan berukuran compact baru.  
 
Generasi terbaru Toyota Vios resmi meluncur di Thailand pada 9 Agustus 2022, pakai platform dan mesin anyar.  
 
Menggunakan kode bodi AC100, generasi keempat Toyota Vios ini tampil agresif dari sisi eksterior. Di Thailand, compact sedan ini dinamakan Yaris Ativ.
 
Menariknya, Vios baru ini sudah pakai platform DNGA-B (Daihatsu New Global Architecture), platform serupa yang dipakai duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
 
Dimensinya tidak terlalu jauh dari pendahulunya. Dimensi panjangnya 4.425 mm dengan lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm.
 
Perbedaan paling signifikan ada di wheelbase, 2.620 mm. Lebih panjang 70 mm dibanding generasi sebelumnya.
 
Menilik wajahnya, disematkan dengan lampu LED bergaris tajam agresif nan mewah, menurut kami Vios baru ini berwujud layaknya ‘Baby Camry’.
 
Dari sisi interior, Vios terbaru tampil eksklusif dengan dominasi warna merah maroon. Nuansa ini tidak asing, tampilan interior pola warna ini pernah diterapkan pada Toyota Harrier.  
 
Dapur pacunya mengandalkan mesin 4-silinder 1.200 cc DOHC Dual VVT-i 16 valve. Mesin berkode 3NR-VE ini mampu menghasilkan tenaga 94 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm/4.400 rpm.
 
Penggerak dipasangkan transmisi matik Super CVT-i. Transmisi ini punya pilihan mode berkendara Eco, Normal dan Sport.
 
Pastinya, Vios baru ini dibekali TSS (Toyota Safety Sense), rem parkir elektris dengan Brake Hold, ABS, 6 airbags, Vehicle Stability Control, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist.
 
Di Thailand ditawarkan dengan 4 varian, yaitu Sport, Smart, Premium dan Premiuym Luxury. Harganya mulai dari Rp 226 – 290 jutaan.  
 
Semoga saja tetap dipasarkan di Indonesia. (Febri, anto)

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu