Pemilihan Jenis Material Peredam Mobil Jadi Faktor Penentu Mengurangi Kebisingan di Kabin

  • Oleh : redaksi

Minggu, 21/Agu/2022 09:30 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Seringkali, pemilik mobil mengabaikan pemasangan peranti peredam saat ingin meningkatkan kualitas sistem audio di mobilnya.  
 
Merujuk saran ahli dari Cartens Autosound Jakarta, pasang peredam jadi opsi penting sebelum instalasi sejumlah perangkat audio di mobil.  
 
Hal ini diungkapkan Eddie Soesanto, instalatur audio sekaligus founder Cartens Autosound Jakarta pada segmen video #BelajarAudioMobil berjudul ‘Apakah Peredam Mobil Anda Sudah Benar?’ di kanal YouTube Sound and Machine.
 
Setelah opsi pemasangan peredam, pemilihan material jadi topik pembahasan berikutnya pada kesempatan yang sama.
 
Diyakini, pemilihan jenis material peredam mobil jadi faktor penentu mengurangi kebisingan di kabin.
 
Novi Hadiputri selaku Brand Director Z3RO Solutions menjelaskan, bahwa penggunaan material yang sudah modern pada produk peredam saat ini adalah material butyl rubber.  
 
Disebutnya, di pasaran memang banyak beredar peredam berbahan butyl rubber. Namun Novi menambahkan, bahwa produk peredam dari Z3RO Solutions sudah berstandar ‘food grade’.
 
“Secara harfiah peredam Z3RO itu bisa dikunyah karena berstandar food grade, namun yang ditekankan disini adalah artinya peredam Z3RO aman digunakan di dalam kabin mobil, tidak menimbulkan bau,” ungkap Novi.
 
Sejak pertama launching, Z3RO sudah bersertifikat food grade dan Z3RO diklaim tidak ‘flammable’ alias jika terkena percikan api.
 
Artinya api tersebut tidak akan menjalar keseluruh bagian peredam, dia akan cepat padam pada bagian kecil saja.
 
Eddie pun selalu merekomendasikan peredam Z3RO kepada pelanggannya. Dari sisi pelanggan juga tidak pernah ada komplain atau komentar buruk.
 
Mengenai pengaplikasian peredam yang optimal, pemilik gerai yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini mengingatkan untuk memasang tiga jenis peredam sekaligus.  
 
“Ada yang salah kaprah langsung ke fase peredam yang ke-2, itu bisa mengurangi suara tapi tidak mengurangi berisik dalam hal ini maksudnya getaran tadi,” ungkap Eddie.
 
“Bahan butyl rubber itu sifatnya wajib, tapi juga jangan lupa pasang peredam yang berbahan foam atau sering di sebut busa telor, terakhir pasang peredam yang tidak berpori,” jelasnya.
 
Eddie berujar, boleh dibilang ini adalah solusi praktis dengan waktu pemasangan hanya satu hari. Dari pemasangan peredam contohnya, pada bagian under carriage saja kebisingan bisa berkurang mencapai 6 db.  
 
Sedangkan pada pintu bisa mengurang 3 db. Target yang dikejar untuk kekedapan yang baik adalah berkurang mencapai 9 db sampai 10 db.
 
Peredam Z3RO Solutions sendiri memiliki ketahanan seumur hidup dan Z3RO sudah disesuaikan dengan pasar Asia termasuk temperatur udara di wilayah Asia.
 
Saran dari installer adalah cari bahan yang terbaik, konsultasikan dengan installer, dan disarankan penggabungan tiga jenis peredam.  
 
Produk peredam Z3RO Solutions bisa didapatkan di gerai Cartens Audio. Jika berminat, bisa langsung mendatangi lokasinya atau menghubungi nomor WhatsApp +6281383720288 untuk konsultasi terlebih dahulu.  
 
Selain di Cartens Autosound, produk peredam Z3RO Solutions bisa didapatkan di gerai audio dan aksesoris di berbagai kota di Indonesia. (*)  
 
Cartens Autosound And Installations  
 
Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati,  
Rukan Blok D2 No.22-23 Jakarta Selatan 12140  
(021) 7279 8998  
 
Instagram : @cartensaudio.jakarta  
YouTube : CartensAudio  
Facebook : Cartens.Autosound 

Baca Juga:
Kiprah AJM Audioworks Sejak 2008, Setiap Tahun Ikut Kontes Hingga Raih Bamsoet Choice