Test Drive Wuling Air EV Long Range : Fitur dan Akomodasi Melebihi Ekspektasi

  • Oleh : redaksi

Minggu, 25/Sep/2022 20:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Kemunculan mobil listrik Wuling Air EV banyak mengundang pertanyaan, bentuknya yang termasuk kecil dan imut membuat orang Indonesia yang belum terbiasa dengan dimensi mobil ini.
 
Sehingga tidak sedikit yang merasa canggung, mulai dari kelegaan, keamanan dan juga bagaimana mobil imut ini beradaptasi di jalanan ibukota dan sekitarnya.  
 
Tim Soundandmachine.com berkesempatan mencoba Wuling Air EV dalam sesi tes drive dengan rute keliling kota Jakarta, dengan durasi seharian yang bertujuan untuk mendapatkan hasil pengujian yang lengkap.  
 
Pihak Wuling Motors Indonesia menyodorkan kami Air EV tipe Long Range alias varian tertinggi dengan jarak tempuh hingga 300 km, selain itu varian ini juga mendapatkan fitur lebih banyak.  
 
Seperti voice command WIND, head unit touchscreen, sistem IoV yang lebih banyak seperti kemampuan menyalakan AC mobil dan fitur safety seperti, stability control hingga electronic parking brake.  
 
Meski terlihat kompak, ternyata bagian dalam mobil cukup luas, buktinya test driver Soundandmachine.com yang memiliki tinggi 176 cm dan bobot badan yang cukup besar, mampu duduk dengan nyaman di jok depan dengan masih ada sisa headroom memadai.  
 
Bahkan ketika kami mencoba duduk di jok belakang, test driver kami bisa dengan leluasa masuk kabinnya dengan headroom masih cukup leluasa. Meski sejatinya bagian belakang lebih cocok untuk anak kecil.  
 
Soal visibilitas, dengan kaca besar, pandangan ke depan menjadi lebih mudah dan titik blindspot terbilang cukup minim, bisa dibilang cocok untuk mobil perkotaan.  
 
Sayangnya, jok mobil tidak dilengkapi dengan height adjuster. Satu lagi yang agak unik bagi Air EV adalah penempatan switch power window yang ada di bagian tengah seperti di mobil Eropa keluaran lama.  
 
Pada bagian tengah ini juga terdapat knop transmisi dan juga tombol electronic parking brake serta automatic vehicle holding.  
 
Bagi test driver yang memiliki tubuh besar, bagian paha agak menutupi konsol tengah, sementara bagi yang berpostur tubuh lebih kecil, paha mereka tidak terlalu menghalangi.  
 
Tetapi tetap bagian ini kami nilai lumayan kecil. Selain itu, tuas power window yang berdekatan dengan tuas rem tangan pun juga beresiko.  
 
Dengan segenap keunggulannya ini, Wuling Air EV Long Range ini punya fitur dan akomodasi yang melebih akomodasi. (Ifan)

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya