Dibuka Menteri Perhubungan, Pameran Kendaraan Listrik Indonesia Electric Motor Show 2022 Resmi Digelar

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 29/Sep/2022 10:00 WIB
Perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pameran kendaraan elektrifikasi Indonesia Electric Motor Show (IEMS) resmi dibuka, pada tanggal 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dibuka oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, pengadaan IEMS 2022 merupakan bentuk untuk salah satu program pemerintah, yaitu percepatan peredaran kendaraan listrik baterai.

Baca Juga:
Spektakuler! Final Kompetisi Mobile Sound Festival Musim 2023-2024 Dihadiri Lebih dari 200 Peserta

“Perhubungan darat (pakai) kendaraan listrik, saya (pakai) mobil listrik. Kami sudah mendahului, kapan yang lain? Pak Presiden sudah menginstruksikan, (sudah) keharusan.” buka Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia kepada SoundandMachine.com di JCC, Jakarta (28/9/2022).

Baca Juga:
24 Tahun Eksistensi CAS Audio: Sukses Gelar Alpine Day, Tebar Promo Logam Mulia 20 Gram

Pameran IEMS 2022, yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), diramaikan oleh sejumlah stakeholder terkait kendaraan listrik, baik itu komunitas, institusi pendidikan, agen pemegang merk, (APM) hingga industri pendukung, seperti perusahaan pembuatan komponen atau komponen pengisian baterai.

Baca Juga:
Rayakan 24 Tahun Eksistensi dan Kenalkan Produk Terbaru, Gerai CAS Audio Siap Gelar Alpine Day

Untuk tahun ini dalam konteks roda empat, IEMS lebih banyak diramaikan oleh sejumlah partisipan industri pendukung, seperti Astra Otoparts, BASF, ABC Lithium, dan sebagainya.

Sementara untuk APM roda empat, hanya diisi 2 pabrikan saja, yaitu Wuling Motors dan Nissan yang notabene keduanya memiliki kendaraan elektrifikasi. 

Meski IEMS 2022 lebih terfokus pada kendaraan listrik, partisipan tidak diwajibkan untuk menghadirkan mobil bertenaga listrik baterai, selama ada unsur elektrifikasinya.

Seperti Nissan yang menghadirkan crossover Kicks e-Power, dimana motor listrik berperan sebagai penggerak roda dan mesin konvensional menjadi gensetnya, serta Wuling Motors menghadirkan mobil konsep Almaz Hybrid.

Kedua pabrikan tersebut bukan hanya membuka booth tetapi juga area test drive di sekitar area JCC. Untuk roda empat, adapun unit tes yang tersedia antara lain Wuling Air EV, Nissan Leaf, dan Nissan Kicks e-Power.

Perhelatan IEMS 2022 tidak dikenakan biaya, tetapi diwajibkan untuk registrasi via scan barcode yang tersedia di area pameran. (Joule)