Hari Pertama Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE Berjalan Seru

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 20/Okt/2022 10:00 WIB
Suasana hari pertama perhelatan kompetisi Indonesia Car Audio Tuning 2022 Endurance Battle di Black Stone Garage, Jakarta. Suasana hari pertama perhelatan kompetisi Indonesia Car Audio Tuning 2022 Endurance Battle di Black Stone Garage, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perhelatan kompetisi Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE, yang diadakan pada tanggal 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage, Jakarta, berjalan seru dan sukses.

Baca Juga:
Spektakuler! Final Kompetisi Mobile Sound Festival Musim 2023-2024 Dihadiri Lebih dari 200 Peserta

Pasalnya, kompetisi yang menantang 6 instalatur audio mobil terbaik di Jakarta yaitu Cas Audio, BestBuddyShop, Duta Audioworks, Bronson Audio, AJM Audioworks, dan Begja Autotronics tersebut berjalan tepat waktu.

Ditambah, beberapa instalatur peserta tersebut sudah menyelesaikan pekerjaan modifikasi audio mobil lebih awal dari perkiraan.

Baca Juga:
24 Tahun Eksistensi CAS Audio: Sukses Gelar Alpine Day, Tebar Promo Logam Mulia 20 Gram

“Hari pertama berjalan sesuai rencana, tetapi di luar ekspektasi. Jadinya sangat cepat, jam 16.00 instalasi semua sudah selesai dan tidak ada kendala.” kata Jacki Suwandi, Konten Kreator Otomotif Pengepul Mobil selaku Penyelenggara Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (18/10/2022).

Sebelum kompetisi dimulai, panitia telah menyediakan mobil yang menjadi bahan untuk modifikasi audio mobil, yaitu Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ keluaran 2017-2020, dari followers konten kreator otomotif Pengepul Mobil.

Baca Juga:
Rayakan 24 Tahun Eksistensi dan Kenalkan Produk Terbaru, Gerai CAS Audio Siap Gelar Alpine Day

Sehari sebelum hari-H, Kijang Innova ‘Reborn’ tersebut telah diinspeksi dan dirawat oleh gerai spesialis air conditioner (A/C) mobil Rotary Bintaro.

“Kegunaan A/C untuk audio mobil sangat penting, biasanya para tuner mementingkan A/C-nya dulu sebelum mereka melakukan instalasi audio, jadi memastikan A/C-nya benar dahulu, baru melakukan instalasi untuk audionya, supaya performa audionya bisa tetap stabil.” kata Ferry Jensen, Pemilik Rotary Bintaro.

Di hari pertama kompetisi, 6 instalatur peserta wajib memasang komponen modifikasi audio di  mobil yang telah disediakan oleh panitia, dengan batas waktu yang telah ditentukan, yaitu pukul 09.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Adapun komponen modifikasi yang wajib diinstalasi oleh semua instalatur peserta antara lain peredam Z3RO SOLUTIONS, head unit ASUKA, Digital Signal Processor ALPINE, Subwoofer pasif HERTZ, Speaker PIONEER, kabel PITCH AND TIMBRE, dan power amplifier ZAPCO.

Khusus pemasangan boks subwoofer, instalatur peserta wajib mengerjakan di area pengerjaan yang telah disediakan oleh panitia. 

Instalatur peserta dipersilahkan membuat boks subwoofer dengan kreasi masing-masing, namun wajib membawa roll kabel serta alat potong sendiri, serta memanfaatkan bahan kayu MDF yang disediakan oleh panitia.

Meski hanya kualitas suara yang menjadi penilaian dalam kompetisi, Duta Audioworks menjadi instalatur peserta tercepat dalam instalasi komponen modifikasi audio mobil, dalam waktu 4 jam dari waktu mulai pengerjaan yang telah ditentukan oleh panitia.

“Tidak ada persiapan (khusus kompetisi), seperti kita melakukan sehari-hari saja.” jelas Candy dari Duta Audioworks.

Setelah instalasi, para peserta melakukan break-in atau uji coba komponen modifikasi audio mobil yang telah dipasang di mobil masing-masing, serta tuning hingga pukul 20.00. (Joule)