Beda Dari Biasanya, Begini Penilaian Teknis Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 26/Okt/2022 12:00 WIB
Penilaian teknis peserta Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE yang dilaksanakan oleh juri dari Indonesia Car Audio Network. Penilaian teknis peserta Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE yang dilaksanakan oleh juri dari Indonesia Car Audio Network.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perhelatan Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE, yang diadakan pada tanggal 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage, menghadirkan konsep baru dari sebuah kompetisi modifikasi car audio.

Konsep baru tersebut membuatnya sangat berbeda dibanding kontes yang notabene kompetisi car audio paling umum, termasuk dari segi penilaian teknis.

Baca Juga:
Spektakuler! Final Kompetisi Mobile Sound Festival Musim 2023-2024 Dihadiri Lebih dari 200 Peserta

“Background dari acara ini adalah kami SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil sama-sama ingin memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil pasca pandemi ini, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan sebelumnya, atau beda dari kompetisi reguler.” buka Eko Putranto, Editor in-Chief Soundandmachine.com dalam keterangan resminya (11/10/2022).

Baca Juga:
24 Tahun Eksistensi CAS Audio: Sukses Gelar Alpine Day, Tebar Promo Logam Mulia 20 Gram

Untuk seri pertama Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE, 6 instalatur car audio kawakan di Jakarta ditantang untuk modifikasi car audio di waktu dan tempat yang ditentukan.

Baca Juga:
Rayakan 24 Tahun Eksistensi dan Kenalkan Produk Terbaru, Gerai CAS Audio Siap Gelar Alpine Day

Adapun 6 instalatur yang ditantang untuk mengikuti seri pertama Indonesia Car Audio Tuning ENDURANCE BATTLE antara lain Cas Audio, Duta Audioworks, Bronson Audio, AJM Audioworks, BestBuddyShop, dan Begja Autotronics.

Meski yang dinilai hanya suara, tepatnya regulasi Prosumer dari asosiasi Indonesia Car Audio Network (I-CAN), untuk memenangkan kompetisi tersebut, para peserta wajib menyelesaikan instalasi komponen di hari pertama antara pukul 09.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Komponen yang wajib diinstalasi oleh semua peserta antara lain peredam Z3RO SOLUTIONS, head unit ASUKA, Digital Signal Processor ALPINE, Subwoofer pasif HERTZ, Speaker PIONEER, kabel PITCH AND TIMBRE, dan power amplifier ZAPCO serta Aki Massiv.

Peserta wajib membuat boks subwoofer di lokasi yang telah ditentukan, dan pengerjaannya menggunakan alat potong serta roll kabel sendiri, dengan kreasi masing-masing untuk kualitas suara dari bahan mdf yang disediakan oleh panitia. 

Kemudian untuk hari kedua, peserta diwajibkan untuk tuning mulai pukul 08.00 hingga 13.00 waktu setempat. 

Setelah pukul 13.00, peserta wajib menghentikan pekerjaan tuning, dan diarahkan ke lantai atas Black Stone Garage, untuk penilaian teknis oleh Ricky Sutanto dari gerai Revealing Autosound selaku Certified Judge yang ditunjuk oleh I-CAN.

Selama penilaian teknis, peserta tidak diperkenankan mendampingi juri, dan juri benar-benar hanya menilai kualitas suara tanpa mengetahui instalatur yang mengerjakan modifikasi car audio. Metode ini akrab disebut 'buffer judging'.

“Pada prinsipnya I-CAN bisa mix dengan event apapun, kita membuka diri buat temen-temen yang mau kerjasama. CAN tinggal menyesuaikan bagaimana hasil mereka membangun mobil peserta dijurikan dengan regulasi.” kata Ibnu Haldun, Presiden I-CAN. 

(sumber: Car Audio Network)

Setelah penilaian teknis, hasilnya pemenang Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE jatuh kepada instalatur Bronson Audio.

“Persiapan mental aja, karena ketemunya yang besar-besar. Ada sedikit ragu di awal, tapi pertengahan ke akhir udah ngga. Komponen awalnya ada sesuatu yang kita berpikir ini PR-nya banyak, makanya saya pikir daripada diterusin mendingan dipersiapkan untuk hari kedua aja tuning.” ungkap Teddy dari Bronson Audio selaku pemenang. 

Selamat untuk pemenang, dan nantikan Indonesia Car Audio Tuning 2022 ENDURANCE BATTLE berikutnya. (Joule)