Mitsubishi Xpander Cross Dapat Improvisasi, Kenyamanan Bertambah Berkat Performa Suspensi

  • Oleh : redaksi

Kamis, 27/Okt/2022 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini memperkenalkan penyegaran dari Xpander Cross di ajang pameran GIIAS 2022 (11-21/8).  
 
Bukan sekedar ganti kulit atau kosmetik biasa, namun ada penambahan dan penyempurnaan beragam fitur aktif yang cukup signifikan.  
 
Dimulai dari penyematan fitur yang dinamakan Active Yaw Control (AYC) yang membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan, khususnya ketika bermanuver cepat atau di jalan yang licin.
 
Tim Soundandmachine.com telah membuktikan kehandalan New Xpander Cross ini di trek khusus yang berlokasi di Indonesia Safety Driving Center (ISDC) di Tangerang, Banten (23/8/2022).  
 
Trek yang disediakan cukup komplit untuk menguji kinerja dari Low SUV ini. Meliputi pengujian akselerasi, jalan berkontur, handling, suspensi, tanjakan dan turunan, serta manuver menikung ekstrem di genangan air.
 
Dengan ground clearene yang mumpuni setinggi 220 milimeter, New Xpander Cross diklaim tetap nyaman saat dikendarai.  
 
“Mitsubishi New Xpander Cross memiliki kenyamanan yang sangat baik meski memiliki ground clearance yang tinggi,” jelas Muhammad Arif Dwianto - Head of Training Section PT MMKSI dalam pemaparannya di sela sesi test drive.  
 
Menurutnya, secara umum pada mobil yang punya ground clearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan.  
 
Namun, berkat penggunaan dan penyempurnaan suspensi, New Xpander Cross tetap bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. 


Peningkatan performa pada suspensi juga dilakukan, khususnya pada peranti peredam kejut atau sokbreker, dilakukan ekspansi ukuran silinder katup kinerja tinggi.
 
Arif menyebut, pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve sehingga kualitas redaman lebih optimal. Kemudian suspensi belakang diperbesar seperti yang dipakai di Pajero Sport.
 
“Dudukan suspensi diperkuat, supaya lebih kokoh dan kinerja suspensi tidak terganggu,” ungkap Arif.
 
Kemudian ada penyempurnaan pada dudukan atau bracket pada suspensi depan, berfungsi layaknya strut-bar dengan penampang yang lebih tebal dari sebelumnya.  
 
“Kami telah memasangkan bracket suspension pada bagian depan dan structural adhesive di bagian belakang, sehingga kenyamanannya tetap terjaga,” tambah Arif.  
 
Dengan ground clearence setinggi 220 mm (transmisi CVT) dan 225 (tranmisi manual), Mitsubishi mengklaim fitur-fitur aktif yang disematkan pada New Xpander Cross ini belum ditemui pada kompetitor di kelasnya.  
 
“Steering wheel return ability juga lebih bagus, karena setelah belok setir akan cepat kembali ke posisi lurus lagi, di Xpander lama juga sudah ada, tapi pada New Xpander Cross lebih baik lagi,” tambah Arif.  
 
Dengan segenap imbuhan beragam fitur ini, performa New Xpander Cross jadi semakin meyakinkan dan patut diperhitungkan oleh kompetitornya. (anto)

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya