Dua Tahun Vakum Karena Pandemi, Pameran Miniatur Indonesia Diecast Expo 2022 Diadakan Kembali

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 30/Okt/2022 14:00 WIB
Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2022 pada tanggal 29-30 Oktober 2022 di ICE BSD. Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2022 pada tanggal 29-30 Oktober 2022 di ICE BSD.

SoundandMachine.com (Tangerang) - Setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19, pada akhirnya perhelatan miniatur Indonesia Diecast Expo (IDE) 2022 telah resmi diadakan kembali, pada tanggal 29-30 Oktober 2022 di Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Dibukanya IDE kembali, yang merupakan acara kesembilan, tentunya menjadi angin segar bagi para penggemar otomotif, terutama yang juga hobi dengan miniatur mobil, baik dalam bentuk diecast, resin, maupun plastic model kit.

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

“Kita sudah melaksanakan Road to IDE 9, kemudian ada beberapa aktifitas yang menuju hari ini. Alhamdulillah sampai saat ini kita masih on the track sesuai dengan harapan.” buka Arya Lembana, Ketua Pelaksana IDE 9 kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (29/10/2022).

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Setidaknya ada lebih dari 40 tenant dimana para pengunjung bisa membeli miniatur mobil incarannya, atau pendukungnya, seperti aksesoris, display case, dan sebagainya.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Dari sekian banyaknya tenant tersebut, diantaranya mengadakan promosi selama pameran berlangsung, sehingga menggoda pengunjung untuk belanja dalam jumlah banyak.

Setiap tahunnya, IDE mengundang figur ternama dari luar negeri, dan untuk tahun ini adalah Peter Brock, pendiri tim balap Brock Racing Enterprises (BRE) yang ternama dengan livery ikonik Datsun retro.

Selama acara berlangsung, para penggemar bisa meminta tanda tangan di atas miniatur mobil kesayangannya, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Ini sangat menyenangkan untuk melihat apa yang ada di Indonesia pertama kalinya, saya memiliki banyak fans yang mengetahui BRE team.” ungkap Peter Brock.

IDE 9 juga dihadiri oleh lebih dari 30 komunitas, agar para pehobi miniatur bisa mengetahui komunitas apa saja yang eksis, hingga berujung silaturahmi.

Menariknya, dari sekian komunitas miniatur di IDE, diantaranya display mobil sungguhan atau 1:1 dari anggota komunitas, yaitu Indonesia Skyline Diecast Community, Indonesia Mini Cooper Diecast Collector, dan Mercedes-Benz Diecast Indonesia.

Selain komunitas, mobil 1:1 juga turut dihadirkan oleh panitia, setelah mengajak pemilik mobil untuk display di area IDE, tepatnya bagian selasar hall 10 dan area hall 10 dalam rangka tribute to Ryu Asada, Desainer Hotwheels berpengaruh yang wafat pada tahun 2021 silam karena kanker di usia 42 tahun.

“Hampir pasti orang-orang yang car enthusiast main diecast. Hampir pasti juga yang suka diecast suka mobil. Ini mengakomodir yang hobi mobil bisa tahu diecast, yang tahu diecast bisa tahu mobil benerannya.” pungkas Arya. Momennya pas banget nih, masih tanggal muda. (Joule)