Ada Benang Merah, Pameran Miniatur Indonesia Diecast Expo 2022 Kembali Display Mobil Sungguhan

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 06/Nov/2022 16:00 WIB
DIsplay mobil sungguhan di pameran miniatur Indonesia Diecast Expo 2022. DIsplay mobil sungguhan di pameran miniatur Indonesia Diecast Expo 2022.

SoundandMachine.com (Tangerang) - Sesuai namanya, Indonesia Diecast Expo (IDE) merupakan perhelatan miniatur kendaraan, baik dalam bentuk diecast, resin, maupun plastic model kit.

Meski demikian, perhelatan miniatur kesembilan yang diadakan pada tanggal 29-30 Oktober 2022 silam di ICE BSD tersebut konsisten menghadirkan mobil sungguhan, atau skala 1:1.

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

“Hampir pasti orang-orang yang car enthusiast main diecast. Hampir pasti juga yang suka diecast suka mobil. Ini mengakomodir yang hobi mobil bisa tahu diecast, yang tahu diecast bisa tahu mobil benerannya.” buka Arya Lembana, Ketua Pelaksana IDE kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (29/10/2022).

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Masuk ke area selasar, pengunjung akan disambut beberapa mobil 1:1 yang relatif langka di Indonesia, yaitu Toyota Celica TA22, Toyota Celica ST185, Mazda RX-7 SA22, Shelby Cobra, Audi A4 Avant, BMW M3, dan Mercedes-AMG CLA45.

“Hanya display supaya ada edukasi, ini 1:1 nanti di dalam ada mobil skala kecilnya. Cuma stimulan aja supaya orang tertarik. Sebenarnya lebih ke gimmick.” jelas Arya.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Selain itu, pengunjung juga akan disambut oleh BMW E36 dan Nissan Cefiro dari drifter yang turut mendukung perhelatan miniatur kendaraan terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Masuk ke area, IDE menghadirkan sportscar Honda S2000, sebagai dedikasi untuk salah satu desainer HotWheels yaitu Ryu Asada, yang wafat pada tahun 2021 silam di usia 41 tahun karena kanker. “Beliau desainer diecast, salah satunya adalah RX-7, dia cukup terkenal.” tambah Arya.

Menariknya, ada komunitas yang juga display mobil sungguhan di booth, salah satunya Indonesia Skyline Diecast Community (ISDC), yang memajang Nissan Skyline GT-R R34 Nismo CRS milik salah satu anggota GTR Owners Club Indonesia (GOCI).

“Sekarang lagi nak daunnya R34, (harga) diecast lagi naik-naiknya, terutama untuk Hotwheels sekarang harganya lagi tinggi. Beberapa member di ISDC kebetulan mereka owner, Khusus untuk mobil display kita minta tolong GOCI untuk dipinjemin.” kata Masbong dari ISDC.

Selain ISDC, komunitas Indonesian Mini Cooper Diecast Collector (IMDC) dan Diecast Mini Cooper Collector Club (DMC3) yang bergabung membuka booth, juga turut menampilkan mobil sungguhan Mini Cooper 1998.

“Ada beberapa kali kita tidak memamerkan 1:1, karena dari panitia memang tidak minta. Udah 3 tahun ini selalu ada mobil display-nya. Dari panitianya minta, kita bersedia karena tahun kemarin kita majang di booth, tapi di luar kita pajang juga.” ujar Berry dari IMDC.

Komunitas Mercedes-Benz Diecast Indonesia juga turut display, dimana untuk IDE Tahun ini memajang unit Mercedes-Benz 190E.

Selain komunitas dan panitia, pihak dari industri dengan skala lebih besar turut display mobil sungguhannya, yaitu Volkswagen Indonesia selaku agen pemegang merk, dan Indonesia Modification Expo (IMX) selaku collaborator partner-nya.

Dengan demikian, event IDE 2022 jelas menunjukkan benang merah antara industri otomotif dengan miniaturnya. (Joule)