Melebihi Ekspektasi, Begini Impresi Para Tuner Car Audio Pada Speaker 2-Way Focal Slatefiber

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 22/Nov/2022 18:26 WIB
Speaker Focal Slatefiber series. (sumber: Focal) Speaker Focal Slatefiber series. (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor Focal di Indonesia meluncurkan speaker 2-way dengan sejumlah inovasi untuk suara berkualitas tinggi namun harganya tetap terjangkau, yaitu Focal Slatefiber series.

Pemakaian material karbon fiber yang didaur ulang merupakan inovasi Focal untuk Slatefiber series, karena membuat suara speaker 2-way tersebut berkualitas tinggi, namun harga relatif terjangkau karena masih di bawah Rp. 10 juta, dan itupun buatan negara asalnya, Perancis.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Slatefiber masih keluarganya karbon, tapi tidak dianyam, di-loose, di-press. Tujuannya supaya tingkat rigiditasnya sama. Selembar karbon, kalau dianyam akan kuat di satu sisi tapi dari sisi berbeda empuk.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop kepada SoundandMachine dalam video YouTube (10/7/2022).

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

(sumber: Mega Audio)

Alhasil, Focal Slatefiber disambut baik oleh para instalatur car audio di Indonesia, diantaranya Mega Audio sebagai salah satu dealer resmi pertama yang sudah instalasi di Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ milik pelanggannya. 

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

Frequency range 60 Hz hingga 21 kHz menjadi salah satu daya tarik bagi gerai car audio di daerah Green Garden, Jakarta Barat tersebut, karena menurutnya membuat treble dan low-nya terdengar jelas. 

“Sangat worth dengan suara yang begitu rich, begitu detail, bass-nya dapat di kelasnya, itu salah satu yang terbaik. Quality tidak diragukan lagi untuk Focal.” kata Reagan, Instalatur Mega Audio.

(sumber: Niki Motor)

Niki Motor, gerai audio yang juga dealer resmi Focal, juga terkesan dengan kualitas speaker Focal Slatefiber.

Pasalnya, menurut instalatur gerai audio di bilangan BSD, Tangerang tersebut, kualitas suara yang dihasilkan dari speaker Focal Slatefiber akan tetap baik meski dipasangkan dengan digital sound processor (DSP) entry level sekalipun.

“Speaker di bawah Rp. 10 juta ini kayaknya bakal banyak diminati. Dengan pakai DSP Amp entry level aja udah bisa ngangkat. 2-Way dengan harga Rp. 9,5 juta cukup kompetitif di market.” komentar Tedy JM, Instalatur Niki Motor.

Performa Focal Slatefiber juga dibuktikan oleh Tedy melalui mobil pelanggannya yang juga Kijang Innova ‘Reborn’, dengan DSP 6-channel.

“Cukup oke dengan konfigurasi pasif, dan DSP cuma 6-channel tapi kita coba untuk optimalkan semua channel-nya yang ada dengan maksimal, sehingga hasil suaranya gak kalah sama DSP yang channel-nya banyak.” jelas Tedy.

Dengan demikian, Focal Slatefiber pantas menjadi pilihan speaker 2-way dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas tinggi, dan itupun masih buatan Perancis. (Joule)