Didukung Ketua IMI Bamsoet, Pameran IMX 2023 Angkat Tema Kreativitas Modifikasi di Masa Depan

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 07/Des/2022 18:00 WIB
Mobil listrik modifikasi di Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023. Mobil listrik modifikasi di Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Asosiasi National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) akan kembali mengadakan perhelatan Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) pada tahun 2023.

Event tersebut mengusung tema “The Future of Creativity” yang membidik anak muda sebagai kekuatan untuk membangun satu fondasi baru masa depan Bangsa, dengan semangat kreatifitas akan gagasan baru termasuk konsep elektrifikasi dan digitalisasi.

Baca Juga:
Saling Antusias, Kontes Modifikasi Culture Sense Pertemukan Unsur Otomotif dengan Olahraga Basket

(sumber: NMAA)

Baca Juga:
Meriah! Indonesia Wheels Day Dihadiri Banyak Pelaku Industri dan Pemilik Mobil Modifikasi

Demi menyongsong masa depan industri modifikasi Indonesia menuju era elektrifikasi kendaraan, tema IMX 2023 disambut baik oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Saat ini kita tidak lagi bicara industri modifikasi kendaraan konvensional. Era elektrifikasi menjadi tantangan baru para modifikator di tahun-tahun mendatang dengan cara memperluas masa depan industri seiring dengan perkembangan tren kendaraan di dunia.” buka Bamsoet, Ketua Umum IMI dalam keterangan resminya (28/11/2022).

Baca Juga:
Sosialisasi Ganti Pelek Aftermarket yang Proper, Indonesia Wheels Day Siap Diadakan

Menurut Bamsoet yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) juga melihat bahwa para pelaku industri modifikasi membutuhkan legitimasi atas hasil karyanya.

Oleh karena itu, industri aftermarket bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) sedang mengupayakan untuk mendorong kreativitas para pelaku industri modifikasi tersebut.

Tujuannya agar para pelaku industri modifikasi tersebut mendapat sertifikasi dan pengakuan atas hasil karyanya, sehingga bisa mendapat legalitas.

“Jangan sampai kita hanya sekedar menikmati produk modifikasinya saja. Sudah saatnya industri modifikasi dan produk aftermarket bangkit dan menjadi pemain di ranah Internasional.” tegas Bamsoet.

Sementara menurut Kemenperin RI, berkembangnya industri modifikasi dalam negeri tidak hanya akan memberikan nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi, tetapi juga efek domino dari berkembangnya industri aftermarket, terutama skala kecil-menengah.

Oleh karena itu, IMX 2023 merupakan strategi yang tepat untuk merangsang ekosistem industri komponen aftermarket.

"Ke depannya, kami mendorong agar NMAA sebagai asosiasi industri modifikasi menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSPro) untuk jasa industri modifikasi kendaraan bermotor, " jelas Taufiq Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kemenperin RI.

Berkaca pada terakhir kali IMX diadakan, setidaknya sudah ada dua mobil yang tampil dan selaras dengan konsep IMX 2023, yaitu Toyota Avanza dan VW Karmann-Ghia konversi dari mesin bensin ke motor listrik, serta Tesla Model 3 beraliran stance..

Keseruan dari program-program IMX 2023 akan tersaji dalam sejumlah ‘IMX series’ yang akan digelar di beberapa kota sepanjang tahun 2023 seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali,.

Tak ketinggalan, puncak acara IMX 2023 akan digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall A – B JCC Senayan, Jakarta, menjadi 3 hari acara. 

“Menginjak tahun ke-6, IMX menyambut positif era baru teknologi dan migrasi kendaraan listrik di Indonesia dengan menyajikan beragam program yang lebih menarik dan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.” pungkas Andre Mulyadi, Project Director IMX 2023. Can’t wait. (Joule)