Kiprah AJM Audioworks Sejak 2008, Setiap Tahun Ikut Kontes Hingga Raih Bamsoet Choice

  • Oleh : redaksi

Jum'at, 06/Janu/2023 14:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Masih ingat pemenang Bamsoet Choice pada Car Audio Tuning Endurance Battle, pada Oktober 2022 lalu di Black Stone Garage?  
 
Hasil instalasi audio mobilnya pada Toyota Kijang Innova, yang dinilai langsung oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, menyatakan AJM Audioworks berhak mendapatkan throphy Bamsoet Choice.
 
Di kalangan car audio enthusiast, mendengar nama AJM memang identik dan lekat dengan kompetisi audio mobil bergengsi seperti CAN, EMMA, dan MECCA.  
 
Bahkan ada pendapat jika kompetisi audio mobil tidak diikuti AJM, seperti ada yang kurang pada penyelenggaraannya.
 
Ditemui di workshop-nya di Jalan Radin Inten Raya, Jakarta Timur beberapa waktu lalu, Tim Sound and Machine berkesempatan berdiskusi langsung dengan sang instalatur sekaligus founder-nya, Steven Lay.
 
Dirinya membuka cerita, awalnya bukan seorang penggemar car audio. Dengan latar belakang pendidikan Sarjana komputer, ada masa dimana Steven bingung mencari kerja dan pindah sana-sini.
 
“Sempat 3 tahun ke Taiwan menjadi TKI. Kemudian kembali ke Indonesia memulai Abadi Jaya Motor,” ungkapnya menceritakan awal mula nama AJM.
 
Pada masa awal buka toko, masih melayani penggantian parts mobil bagian kaki-kaki sampai cuci mobil. Dirasa kurang passion di sektor tersebut, Steven kemudian melakukan terobosan dengan berjualan aksesoris mobil.  
 
Hingga pada 2007 Steven mengikuti kursus audio mobil di Audioworks dibarengi dengan ketertarikannya pada dunia car audio.
 
Pada 2008 Abadi Jaya Motor berubah menjadi AJM Audioworks dan mengkhususkan di sektor audio mobil.  
 
Kontes pertama yang diikuti AJM adalah sebuah kontes dengan rules EMMA di Mangga Dua Square Jakarta yang dijurikan Wahyu Tanuwidjaja, fonder grup Audioworkshop.
Hingga kini, bisa dibilang AJM Audioworks hampir selalu menjadi langganan juara di berbagai kompetisi audio mobil tingkat nasional hingga internasional.
 
Di gerainya, kuota mobil yang bisa dikerjakan AJM mencapai 6 mobil, belum termasuk yang sifatnya berobat jalan audio, kapasitasnya bisa lebih.
 
Kiprah suksesnya ini, juga sudah ditayangkan pada segmen Gerebek Bengkel di kanal YouTube Sound and Machine channel.
 
Pada kesempatan ini, Steven juga berbagi cerita mengenai keikutsertaannya pada Endurance Battle yang lalu di Black Stone Garage.  
 
Format kompetisi seperti Endurance Battle sebenarnya sudah pernah diikuti Steven di China, disebutnya konsep ini sangat ‘challenging’ dimana benar-benar ‘battle’ di lokasi kompetisi.
 
Sangat berkesan bagi Steven, saat penjurian Endurance Battle. Mobil Innova racikan Steven yang pertama kali dijurikan oleh Pak Bamsoet langsung.  
 
Menurut Steven, Pak Bamsoet adalah pendengar yang baik. “Beliau mendengar track lagu dari awal sampe akhir dengan volume besar dan menganalisa apakah ada cacat atau tidak dari awal sampai akhir lagu,” ungkapnya.
 
Steven buka cerita, “Pada saat Pak Bamsoet masuk ke mobil dan mencolok USB, Saya memberikan rekomendasi volume yang sesuai, tapi beliau memutar ke volume maksimal dan mau mendengarkan apakah ada suara yang pecah atau sember,” ungkapnya.
 
“Nervous, yang paling penting bergengsilah event Endurance Battle kemarin, kita bisa duduk sebelah Pak Bamsoet itu yang keren,” senyumnya.  
 
Alhasil AJM keluar membawa piala Bamsoet Choice Endurance Battle. Banyaknya piala atau prestasi yang dimiliki AJM, Steven menyebut jumlah piala sudah mencapai lebih dari 1.000 piala.  
 
Rasa-rasanya sangat pantas jika AJM menjadi installer yang highly recommended. Kawan Sound and Machine boleh langsung datang ke AJM yang beralamat di Jalan Raden Inten 2 nomor 102 Duren Sawit Jakarta Timur, patokannya depan kantor PLN.  
 
Sukses selalu untuk AJM! (Febri)

Baca Juga:
Berawal dari Hobi, Begini Kiprah Sukses Mega Agung Audio Hingga Jadi Langganan Sultan Bogor