Kembali Libatkan Lima Asosiasi, Perhelatan PAHAMI Car Audio Contest di IIMS 2023 Berjalan Sukses

  • Oleh : Julfikri

Senin, 27/Feb/2023 12:00 WIB
PAHAMI Audio Contest di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. PAHAMI Audio Contest di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) mengadakan kontes car audio atau PAHAMI Audio Contest All-Champion di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Baca Juga:
IIMS 2024: Hadirkan Kompetisi Berbeda dari Sebelumnya, PAHAMI Audio Contest Sukses Digelar

Dimulai di hari kedua IIMS, tepatnya tanggal 17 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, kontes car audio yang diadakan oleh 5 asosiasi sebagai regulator tersebut mendapat animo tinggi hingga sukses.

“Satu-satunya 5 asosiasi di seluruh dunia adalah di Indonesia. Itu menjadi satu antusiasme bahwa mereka harus memenangi di setiap 5 asosiasi itu menjadi juara.” buka Irwan Kusuma, Sekretaris Jenderal PAHAMI kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (26/2/2023).

Baca Juga:
Bakal Lebih Banyak Konten Otomotif, Pameran IIMS 2024 Akan Hadirkan Dua Merek Mobil Baru

Adapun regulator tersebut antara lain Indonesia Car Audio Network (I-CAN), United States Autosound Competition International (USACI) Indonesia, International Auto Sound Challenge Association (IASCA) Indonesia, Mobile Electronics Competition Association (MECA) Indonesia dan European Mobile Media Association (EMMA) Indonesia. 

Pertama untuk regulernya, kontes IASCA diikuti oleh 65 mobil peserta, USACI diikuti 30 mobil peserta, I-CAN diikuti sekitar 54 peserta, EMMA diikuti sekitar 94 mobil peserta, dan MECA telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak mengadakan kontes reguler.

Baca Juga:
Pameran Otomotif IIMS Dijadwalkan 15-25 Februari 2024, Ini Dia Sederet Program yang Beda

Jika diakumulasi dari 4 asosiasi yang mengadakan, kontes reguler PAHAMI Audio Contest sudah diikuti lebih dari 240 peserta.

Kontes car audio tersebut kategorinya bukan hanya Sound Quality (SQ), tetapi juga Sound Quality Loud (SQL) untuk pertama kalinya di PAHAMI Audio Contest pasca pandemi.

Meski tidak seramai regulernya lantaran diikuti oleh 13 peserta, Champion of Champions (CoC) tetap menjadi sorotan, sebagai salah satu kontes car audio paling bergengsi di Indonesia.

Pasalnya, para pesertanya tampil di sub-kategori tanpa batasan budget untuk kategori SQ, dan tahun ini wajib memilih 4 dari 5 asosiasi yang diikutinya.

Kemudian hasil lomba dari masing-masing asosiasi menjadi poin klasemen untuk memperebutkan gelar juara CoC PAHAMI Audio Contest 2023.

Juara CoC PAHAMI Car Audio Contest 2023 dipegang oleh Ronald Safar dengan Toyota Land Cruiser 200 garapan BestBuddyShop Sunter, setelah memegang CoC dari I-CAN dan IASCA, juara 2 dari USACI dan juara 3 untuk MECA.

“Begitulah namanya pertandingan, ada waktunya lepas, tapi kita tidak pernah menyerah dan kita ambil balik. Jadi ini kompetisi yang sehat supaya ke depannya bisa lebih baik.” ungkap Ronald Safar, peraih CoC PAHAMI Audio Contest 2023.

Melihat antusiasme car audio yang seperti ini, PAHAMI Car Audio Contest untuk IIMS 2023 bisa dikatakan sukses, baik untuk reguler maupun CoC.

“Dengan harapan acara ini bisa berkembang terus dan bisa membuat minat audio lovers di seluruh Indonesia agar tetap aktif dan berkontribusi di bidang car audio.” pungkas Abay, sapaan akrab Irwan Kusuma. IIMS akan selalu di hati para penggemar car audio. (Joule)