Siap Goda Para Sultan, Ikon SUV Elektrifikasi All-New Lexus RX Resmi Hadir di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 03/Mar/2023 12:00 WIB
Generasi terbaru middle-SUV Lexus RX yang meluncur di Indonesia. (sumber: Lexus) Generasi terbaru middle-SUV Lexus RX yang meluncur di Indonesia. (sumber: Lexus)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Lexus merilis kendaraan middle Sport Utility Vehicle (SUV) untuk pasar Indonesia, yaitu All-New Lexus RX, setelah Asia Premiere di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Meski generasi terbarunya masih tersedia mesin bensin, RX merupakan ikon SUV elektrifikasi karena pertama di segmennya dengan teknologi hybrid ketika pertama debut global pada tahun 2004 silam, dan akhir-akhir ini SUV dan teknologi elektrifikasi merupakan kombinasi yang sudah menjadi tren otomotif secara global.

“Teknologi elektrifikasi telah menjadi pilihan lifestyle baru, tidak hanya di global, tapi juga di Indonesia. Hadirnya The All New Lexus RX menandai komitmen Lexus sebagai Luxury Automotive Brand dengan The Most Complete Electrified Line-up.” buka Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia dalam keterangan resminya (21/2/2023).

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

All-New RX mengusung konsep desain baru yang terwujud berkat legendarisnya craftsmanship Lexus Takumi, hingga menjadi mahakarya baru yang melampaui ekspektasi, yaitu  Limitless Design, Lexus Driving Signature, dan Human Centered Technology.

Dari segi eksterior, All-New RX telah mengadposi desain gril Limitless Grille Design yang menyatu pada bodi sehingga menciptakan identitas authentic baru Lexus yaitu Spindle Body. 

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

(sumber: Lexus)

Selain itu, All-New RX juga dilengkapi dengan 3- LED headlight with Adaptive High-Beam System (AHS) yang kini hadir dengan tonewarna hitam, Limitless L-Shaped Light Bar di bagian belakang, dan Unified Lexus Logo agar lebih mudah dikenali dan terlihat modern.

Untuk menunjang pengalaman berkendara yang luar biasa, All-New RX juga menerapkan konsep yang berfokus pada Confident, Control, Convenient.

Pertama, All-New RX mengusung platform GA-K yang menyempurnakan beberapa elemen seperti low center of gravity, weight reduction dan body rigidity sehingga membuat pengendalian lebih stabil sesuai dengan intensi pengemudi.

(sumber: Lexus)

Kemudian interiornya mengusung konsep Tazuna Cockpit atau Driving-focused cockpit yang memiliki tiga poin keunggulan yaitu mata tetap di jalan, tangan tetap di setir, dan Interface intuitif sehingga memberikan kemudahan pengemudi untuk tetap fokus saat berkendara.

All-New RX sudah dilengkapi fitur E-Latch yang dapat memudahkan pengguna membuka dan menutup pintu.

Untuk aspek keselamatan, All-New RX sudah dilengkapi Lexus Safety System+ generasi ketiga (LSS+ 3.0) dengan tambahan fitur Safe Exit Assist, yaitu fitur yang dapat mencegah pengemudi atau penumpang membuka pintu jika lalu lintas sekitar tidak aman.

All-New RX tersedia dua pilihan teknologi elektrifikasi, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) RX 350h dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) RX 450h+, serta mesin bensin RX 350.

(sumber: Lexus)

Varian PHEV-nya memiliki dapur pacu mesin 2.5L 4-silinder dan Plug-In Hybrid Electric bertenaga 304 Hp, transmisi Hybrid Transaxle CVT, dan baterai Lithium-ion berdaya 18,1 kWh untuk performa sistem All-Wheel Drive (E-Four), serta jarak tempuh 60-70 km.

Kemudian untuk varian HEV, mesin dan transmisi sama seperti PHEV, tetapi baterainya hanya bisa diisi melalui pengereman regeneratif dan tenaganya 247 hp untuk roda depan saja.

Sementara varian mesin bensin, All-New RX memiliki dapur pacu 2.400 cc turbo bertenaga 275 hp yang disalurkan oleh transmisi otomatis 8-percepatan direct-shift ke roda depan saja.

“The All-New RX merupakan line-up yang sangat spesial bagi Lexus karena RX generasi kelima ini hadir dengan pilihan powertrain paling lengkap, baik di line-up mobil Lexus Indonesia maupun di segmen Luxury Medium SUV.” jelas Bansar.

Apabila ingin melihat lebih dekat, All-New RX akan tampil di booth Lexus dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 pada tanggal 10-19 Maret 2023 mendatang, di Jakarta Convention Center, Jakarta. (Joule)