Diadakan di Lokasi Ikonik, Dua Klub VW Berkolaborasi Adakan Jakarta Auto Classic Meet Up

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 23/Mar/2023 16:00 WIB
Perhelatan Jakarta Auto Classic Meet Up (JACMU) 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta. Perhelatan Jakarta Auto Classic Meet Up (JACMU) 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Sejumlah klub mobil Volkswagen (VW) yaitu Volkswagen Beetle Club (VBC) dan Volkswagen Van Club (VVC) mengadakan meet-up mobil klasik atau retro menjelang bulan puasa, yaitu Jakarta Auto Classic Meet Up (JACMU).

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

JACMU, yang diadakan pada tanggal 18-19 Maret 2023 tersebut diadakan untuk memberikan pilihan wisata akhir pekan bagi warga Jakarta dan sekitarnya, dengan tema otomotif di salah satu lokasi ikonik dan bersejarah di ibukota Jakarta, yaitu Lapangan Banteng.

“Acara klasik meet-up banyak, tapi selalu di pinggiran kota Jakarta, Lapangan Banteng ini lokasi pertama di mana ada acara semacam ini. Kita kumpulin klub otomotif di tengah kota, jangan di pinggiran kota.” buka Gregory Ray, Ketua Panitia JACMU kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (18/3/2023).

Baca Juga:
Tingkatkan Kemahiran Saat Turing, Hogers Indonesia Adakan Pelatihan Safety Riding

Setidaknya ada sekitar 90 mobil klasik atau retro yang memenuhi pinggir lapangan banteng, berhubung tidak bisa ditempatkan di pinggir lapangan.

Baca Juga:
Seri Perdana Sukses, Hogers Indonesia Akan Gelar Drag Race Harley Davidson di PIK 2

Mobil klasik atau retro yang hadir kebanyakan mobil retro Eropa, namun mobil non-Eropa juga cukup banyak, yaitu Chevrolet El Camino, Toyota Celica, Toyota Land Cruiser, Toyota Corolla, dan sebagainya.

Selain tampil dalam kondisi standar atau orisinal, mobil klasik atau retro juga ada yang sudah dimodifikasi, yaitu mobil balap ISSOM, Mercedes-Benz klasik tetapi bersuspensi udara, single tuner Alpina, VW Drag Race, dan sebagainya. 

Meski acaranya bertemakan mobil klasik atau retro, mobil modern juga turut hadir dan menjadi magnet di acara JACMU yaitu VW ID Buzz, mobil listrik dengan desain eksterior terinspirasi dari VW Kombi.

JACMU dihadiri sejumlah figur otomotif ternama yaitu Ketua Umum PP Ikatan Motor Indonesia H. Bambang Soesatyo SE, M.B.A, dan duo pembalap nasional Fitra Eri dan Rifat Sungkar. 

“Tahun depan ada lagi, moga-moga ini (Lapangan Banteng) belum diubah kita masih bisa pakai, tapi kalau (pinggir lapangan) dibuat semacam karet, udah gak mungkin. Maunya sih di Monas.” pungkas Ray. Ditunggu JACMU 2024-nya. (Joule)