Bahas Sejumlah Hal Baru, Car Audio Network Mulai Adakan Global Training

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 25/Mar/2023 16:00 WIB
Hari pertama global training dan certified judge training yang diadakan oleh Car Audio Network (CAN) International. Hari pertama global training dan certified judge training yang diadakan oleh Car Audio Network (CAN) International.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Car Audio Network (CAN) International mengadakan Global Training dan Certified Judge Training, pada tanggal 24-26 Maret 2023 di Jakarta, dan untuk 2 hari pertama diadakan di Swiss-Belinn, Kemayoran, Jakarta.

Untuk hari pertama, training tersebut membahas sejumlah pembaruan dalam penjurian selama kompetisi CAN termasuk Indonesia Car Audio Network (I-CAN).

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

Pertama, untuk tahun ini CAN memberlakukan Pakta Integritas, untuk mengontrol pergerakan para juri dalam bertugas.

“Kita sampai pada satu titik bahwa saya masih mempertanyakan bukan kualitas juri tapi judge behaviour. Kalau orang sudah menandatangani Pakta Integritas, kita akan lebih takut dalam artian ‘kalau suatu hari melanggar ada konsekuensinya’.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Founder CAN International kepada SoundandMachine.com di lokasi training (24/3/2023).

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Kemudian CAN akan menggunakan streaming untuk musik yang akan dipakai dalam melakukan penjurian. Streaming musik digunakan sebagai pengganti dari CD dan flash disk yang selama ini digunakan sebagai sumber untuk musik ketika penjurian.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

“Setelah berhasil mendigitalkan sistem pertandingan, sekarang kita maju ke sesuatu yang lebih besar, menggabungkan penilaian online dengan materi kompetisi yang berasal dari musik streaming.” jelas Wahyu.

Streaming yang akan digunakan untuk menilai antara Tidal, Spotify, YouTube music, YouTube, Apple Music, Amazon Music, deezer, dan anghami.

Dalam sesi pembahasan CAN Q atau Sound Quality (SQ) CAN menghadirkan 3 lagu baru yang akan digunakan untuk penilaian, yaitu Isyana Sarasvati - Unlock the Key, Sandrayati - Petal to the Fear, dan The Overtunes - Write Me Another Song.

Masing-masing lagu digunakan untuk beberapa aspek yang akan menjadi penilaian, seperti separasi dan kejernihan, definisi bass lower sampai midrange, kualitas midrange, definisi bass LFE-lower midrange, kualitas mid-low, quality mid-high, dan sebagainya..

Sekedar informasi tambahan, hari pertama training juga membahas CAN Loud dan Jam yang mempertandingkan Sound Pressure Level (SPL), dengan panduan mulai dari pengadaan hingga prosedur penjurian. (Joule)