Usung Konsep B2B, Pameran INAPA 2023 Hadirkan Manufaktur Suku Cadang Otomotif Lingkup ASEAN

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 27/Mei/2023 18:00 WIB
Suasana pameran suku cadang INAPA 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Suasana pameran suku cadang INAPA 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Global Expo Management (GEM) Indonesia kembali mengadakan pameran suku cadang otomotif yang diklaim terbesar di ASEAN, bertajuk Indonesia International Auto Parts Exhibition (INAPA) pada tanggal 24-26 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran yang awalnya punya konsep Business to Consumer (B2C) menjadi Business to Business (B2B) tersebut dihadiri 1.000 peserta dari 21 negara yang tersebar di 9 hall dengan luas 25.000 meter persegi secara keseluruhan.

Baca Juga:
Cartens Autosound Berikan Promo Khusus Digital Sound Processor Alpine di BCA Expoversary 2024

“Indonesia mewakili 40% ekonomi dan populasi ASEAN, sangat berpotensi dalam pengembangan suku cadang otomotif dan kendaraan listrik, sejalan dengan target pemerintah Indonesia menjadi major player untuk industri suku cadang otomotif dan kendaraan listrik di Asia Tenggara.” buka Baki Lee, Director of GEM Indonesia dalam keterangan resminya (10/5/2023).

Baca Juga:
Ada Banyak Paket Promo Upgrade Car Audio, Cartens Autosound Kembali Hadir di BCA Expoversary 2024

Dalam sebuah kunjungan ke INAPA 2023 oleh tim SoundandMachine, peserta INAPA tersebut kebanyakan berasal dari manufakturnya langsung, dan mereka menghadirkan sampel suku cadang mobil buatannya.

Baca Juga:
Tawarkan Beragam Promo dan Pelek Baru, Gerai Permaisuri Ban Hadir di BCA Expoversary 2024

Sampel suku cadang mobil tersebut antara lain parts eksterior, interior, mesin, kaki-kaki, dan sebagainya, itupun sampai ke bagian yang lebih dalamnya. Sebut saja untuk bagian mesin ada baut pengencangnya, untuk parts interior sampai ke knob-nya, dan sebagainya.

Menariknya, untuk peserta INAPA dari luar Indonesia penjaga stannya berasal dari negaranya langsung. Untuk perusahaan dari Tiongkok misalnya, penjaga stannya warga negara Tiongkok, perusahaan Korea Selatan penjaga stannya warga negara Korea Selatan, dan sebagainya.

Untuk peserta INAPA yang berasal dari Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan, dibuat terorganisir yang ditandai dari “Pavilion”. Sementara untuk INAPA 2023 sendiri pesertanya kebanyakan berasal dari Tiongkok.

Selain itu untuk peserta yang sudah ada representatifnya di Indonesia, PT. Timur Raya Anugerah Damai misalnya yang memegang sejumlah brand suku cadang otomotif dari Jepang, menghadirkan prinsipalnya langsung dari Jepang untuk brand tertentu.

Jadi seperti inilah INAPA 2023, yang menjadi pameran suku cadang otomotif terbesar di ASEAN. (Joule)