Opsi Baru Upgrade Audio Mobil, Tweeter Focal K2 Power M Bisa Jadi Speaker Fullrange

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 30/Mei/2023 10:00 WIB
Tweeter FRAK Focal K2 Power M Tweeter FRAK Focal K2 Power M

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor peranti audio mobil merek Focal di Indonesia, telah resmi meluncurkan produk car audio system terbarunya yaitu Focal K2 Power M series, pada tanggal 20 Mei 2023 di Holiday Inn & Suites Gajah Mada, Jakarta. 

K2 Power M merupakan lini car audio system yang dikembangkan dengan mewarisi fitur terbaik dari seri K2 line dari sejak lahir pada tahun 1986.

Baca Juga:
Upgrade Audio Tapi Enggan Pasang Subwoofer? Speaker Focal Utopia 165W-XP Bisa Jadi Solusi

Salah satu keistimewaan dari K2 Power M adalah tweeter-nya yang berukuran 1,25 inci, tetapi bisa menjadi fullrange, yaitu FRAK.

“FRAK adalah tweeter yang dibuat seperti speaker, menggunakan kerucut aluminium “M-Profile” seperti di subwoofer.” buka Mikey Tang, Business Developer Focal Asia-Pacific kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (20/5/2023). 

Baca Juga:
Diandalkan di Kompetisi, Speaker High End Focal Utopia M Cocok untuk Upgrade Audio Harian

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Tweeter K2 Power M dilengkapi kerucut “M-Profile”, Tuned Mass Damper (TMD) Surround, Neodymium Magnet, dan progressive profile spider.

Kerucut "M-Profile” dengan material aluminium dan magnesium tersebut menawarkan respons frekuensi serta dispersi suara lebih baik, dan juga mengurangi kedalaman driver speaker, ditambah aluminum frame agar lebih kaku dan tidak magnetik. 

Selain itu, Tweeter K2 Power M juga dilengkapi Tuned Mass Damper Surround, untuk distorsi rendah dan kerja kerucut yang sangat ringan, sehingga di treble ekstrim tweeter bisa bekerja dengan sangat baik.

Neodymium magnet pada tweeter menghasilkan performa suara luar biasa ketika berada di kedalaman yang dangkal, serta progressive profile spider meningkatkan linearitas, presisi, dan dinamika suara.

Kombinasi K2 Power berbentuk “M” menghasilkan suara High-Fidelity yang murni dan musikal yang sensasional. Kelengkapan tersebut biasa ada di midrange, fullrange, dan juga subwoofer, tetapi Focal mengaplikasikannya ke tweeter K2 Power M. 

Tak ketinggalan, frequency response tweeter K2 Power M, paling rendah 600 Hz dan paling tinggi 32 kHz.

“Jadi tweeter-nya sendiri itu speaker. Bisa jadi tweeter, bisa jadi speaker tergantung penerapannya. Tidak banyak tweeter di pasaran yang bisa mencapai seperti ini.” kata Tang.

Dengan tweeter seperti ini, tentunya akan menjadi opsi baru untuk modifikasi car audio, dimana tweeter bisa menjadi midrange.

Spesifikasi

Tweeter 11/4" (32mm), Depth 3/4" (19.5mm), Cone Aluminium/Magnesium, M-profile. Maximum power 150W, Nominal power 25W RMS, Sensitivity (2.83V/1m) 91dB, Frequency response 600Hz - 32kHz, Impedance 4 Ώ, Magnet Neodymium, Voice-coil diameter 1" (25mm), Suspension TMD®

(Joule)