Opsi Baru Upgrade Audio Mobil, Tweeter Focal K2 Power M Bisa Jadi Speaker Fullrange

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 30/Mei/2023 10:00 WIB
Tweeter FRAK Focal K2 Power M Tweeter FRAK Focal K2 Power M

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop selaku distributor peranti audio mobil merek Focal di Indonesia, telah resmi meluncurkan produk car audio system terbarunya yaitu Focal K2 Power M series, pada tanggal 20 Mei 2023 di Holiday Inn & Suites Gajah Mada, Jakarta. 

K2 Power M merupakan lini car audio system yang dikembangkan dengan mewarisi fitur terbaik dari seri K2 line dari sejak lahir pada tahun 1986.

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

Salah satu keistimewaan dari K2 Power M adalah tweeter-nya yang berukuran 1,25 inci, tetapi bisa menjadi fullrange, yaitu FRAK.

“FRAK adalah tweeter yang dibuat seperti speaker, menggunakan kerucut aluminium “M-Profile” seperti di subwoofer.” buka Mikey Tang, Business Developer Focal Asia-Pacific kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (20/5/2023). 

Baca Juga:
Instalasinya Unik, Toyota Land Cruiser 70 ini Upgrade Audio Pakai Focal ES K2 Power Terbaru

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar

Tweeter K2 Power M dilengkapi kerucut “M-Profile”, Tuned Mass Damper (TMD) Surround, Neodymium Magnet, dan progressive profile spider.

Kerucut "M-Profile” dengan material aluminium dan magnesium tersebut menawarkan respons frekuensi serta dispersi suara lebih baik, dan juga mengurangi kedalaman driver speaker, ditambah aluminum frame agar lebih kaku dan tidak magnetik. 

Selain itu, Tweeter K2 Power M juga dilengkapi Tuned Mass Damper Surround, untuk distorsi rendah dan kerja kerucut yang sangat ringan, sehingga di treble ekstrim tweeter bisa bekerja dengan sangat baik.

Neodymium magnet pada tweeter menghasilkan performa suara luar biasa ketika berada di kedalaman yang dangkal, serta progressive profile spider meningkatkan linearitas, presisi, dan dinamika suara.

Kombinasi K2 Power berbentuk “M” menghasilkan suara High-Fidelity yang murni dan musikal yang sensasional. Kelengkapan tersebut biasa ada di midrange, fullrange, dan juga subwoofer, tetapi Focal mengaplikasikannya ke tweeter K2 Power M. 

Tak ketinggalan, frequency response tweeter K2 Power M, paling rendah 600 Hz dan paling tinggi 32 kHz.

“Jadi tweeter-nya sendiri itu speaker. Bisa jadi tweeter, bisa jadi speaker tergantung penerapannya. Tidak banyak tweeter di pasaran yang bisa mencapai seperti ini.” kata Tang.

Dengan tweeter seperti ini, tentunya akan menjadi opsi baru untuk modifikasi car audio, dimana tweeter bisa menjadi midrange.

Spesifikasi

Tweeter 11/4" (32mm), Depth 3/4" (19.5mm), Cone Aluminium/Magnesium, M-profile. Maximum power 150W, Nominal power 25W RMS, Sensitivity (2.83V/1m) 91dB, Frequency response 600Hz - 32kHz, Impedance 4 Ώ, Magnet Neodymium, Voice-coil diameter 1" (25mm), Suspension TMD®

(Joule)