Jelajahi Paris Van Java, Citroen C3 Buktikan Ketangguhan dan Performa Khas Mobil Eropa

  • Oleh : anto

Sabtu, 03/Jun/2023 10:00 WIB


Soundandmachine.com (Bandung) – Produsen mobil asal Perancis, Citroen kembali mencicipi pasar otomotif Indonesia, setelah sebelumnya sempat vakum beberapa dekade silam.
 
Setelah pada bulan Oktober 2022 lalu, PT Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan dari Indomobil Group dan Stellantis NV, induk perusahaan Citroen mengumumkan secara resmi kemitraan strategis  keduanya, untuk kegiatan distribusi dan penjualan produk-produk Citroen di Indonesia.
 
Salah satu model yang diunggulkan yakni Citroen C3, berwujud hatchback stylish nan praktis dengan tampilan ala SUV yang punya kenyamanan khas.  
 
Kali ini, Tim Sound and Machine mendapatkan kesempatan eksklusif menjajal mobil yang sudah diproduksi di India ini.
 
Dengan rute dari Jakarta menjelajah Paris Van Java, sebutan kota Bandung, Citroen C3 membuktikan ketangguhan dan performa khas mobil Eropa.
 
Bersama sejumlah media nasional, sebanyak lima mobil Citroen C3 dengan beragam kelir bodi, mengambil titik keberangkatan dari Wisma Indomobil 1, Jakarta Timur (30/5/2023).
 
Rutenya sendiri melewati jalan layang tol MBZ yang punya kontur jalan khas, dilanjutkan menuju area Subang hingga Lembang dan berakhir di kawasan Dago Atas, Bandung.
 
Keesokannya, kembali menuju Jakarta melintasi Jalan Dago yang ikonik, lanjut masuk Tol Pasteur dan melewati Tol Cipularang hingga berakhir kembali di Wisma Indomobil 1.
 
Meskipun rutenya tidak terlalu jauh dan durasi pengetesannya singkat, namun sudah dapat mewakili  uji coba performa Citroen C3 pada beragam kontur jalanan yang dilewati selama pergi dan pulang.
 
Berkapasitas kabin lima penumpang dalam format dua baris tempat duduk, Citroen C3 dibekali mesin bensin tiga silinder kapasitas 1.200 cc yang mampu meletupkan tenaga sebesar 82 Hp dan torsi 115 Nm.
 
Keluaran tenaganya ini, dirasakan cukup untuk mobilitas di perkotaan maupun berpergian antar kota. Apalagi racikan spesial pada suspensinya, membuat impresi berkendara jadi mengesankan.
 
Meskipun saat ini baru tersedia transmisi manual lima percepatan, perpindahan gigi transmisinya dirasakan lembut dan ringan pedal koplingnya. Sehingga performa Citroen C3 terbilang cukup mumpuni.
 
Apalagi mobil ini dirancang sebagai kendaraan yang hemat bahan bakar. C3 disebut mewujudkan semangat merek Citroen yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia.  
 
Ulasan lengkap mengenai uji coba Citroen C3 ini sudah tayang di kanal YouTube Sound and Machine Channel.
 
Citroen C3 ditawarkan dalam 10 pilihan warna bodi monotone dan dual tone yang eye-catching. Warna monotone dibanderol Rp. 225.000.000,- dan warna dual tone dihargai Rp.230.000.000,-.  
 
Selain itu, ada juga pilihan warna monotone Plus aksesoris dengan harga jual Rp. 231.000.000,- serta warna dual tone Plus aksesoris dengan harga jual Rp. 236.000.000,-.  
 
Paket aksesoris yang dimaksud adalah berupa body side molding, side mirror cover, fog lamp trim, rear reflector trim dan mud guard. Semua harga berlaku On The Road (OTR) untuk area Jabodetabek.
 
Layak jadi pilihan bagi yang menginginkan mobilitas praktis dengan merek prestis dan tetap stylish. (anto)

Baca Juga:
Andalkan 10 Poin Keunggulan Kompetitif, Bikin Citroen C3 Cocok Dipasarkan di Indonesia