Andalkan 10 Poin Keunggulan Kompetitif, Bikin Citroen C3 Cocok Dipasarkan di Indonesia

  • Oleh : anto

Selasa, 06/Jun/2023 10:00 WIB
foto: anto. foto: anto.

Soundandmachine.com (Jakarta) – Produsen mobil asal Perancis, Citroen kembali eksis lagi di Indonesia, di bawah naungan grup otomotif Indomobil.
 
Salah satu produk yang tengah diunggulkan adalah Citroen C3, sebuah hatchback desain stylish nan praktis dengan tampilan ala SUV yang punya kenyamanan khas.  
 
Kali ini, Tim Sound and Machine mendapatkan kesempatan eksklusif menjajal mobil yang sudah diproduksi di India ini, jelajah rute Jakarta menuju Bandung pergi – pulang (30-31/5/2023).
 
Dari hasil pengetesan yang dilakukan, setidaknya ada 10 poin keunggulan kompetitif yang bikin Citroen C3 cocok dipasarkan di Indonesia. Diantaranya:
 
1.    Punya konsep crossover atau small SUV yang saat ini trennya sedang naik, baik di Indonesia maupun skala global. Penyematan peranti eksterior pada sekeliling bodinya mencirikan karakter SUV.  
 
2.    Desain eksteriornya fresh dan stylish dengan kombinasi kelir bodi yang atraktif. Desainnya acceptable, mencirikan desain mobil Eropa yang mampu menonjolkan brand identity Citroen terbaru serta identik dengan model terbaru Citroen lainnya.
 
3.    Di negara asalnya diposisikan sebagai hatchback. Namun, Citroen C3 punya ground clearance mumpuni sekitar 180 mm, ditambah ban profil tebal ukuran 195/65-R15.  
 
Apalagi PCD peleknya 4x100 terbilang familiar untuk sebuah mobil merek Eropa di Indonesia. Punya potensi di-upgrade, nih.
 
4.    Desain interiornya atraktif, beda dari desain interior mobil Jepang yang ada di kelasnya. Fresh dan estetik. Perpaduan beberapa laburan kelir panel interior dengan warna dominan. Apalagi kombinasi corak joknya cukup mendukung tema.
 
5.    Head unit sebagai pusat komando entertainment di kabin mobil dirasakan cukup user friendly, fiturnya cukup lengkap meski user interface-nya belum animasi.
 
6.    Berkapasitas kabin lima penumpang dalam format dua baris tempat duduk. Di kabinnya, punya kantong penyimpanan yang cukup banyak, praktis dan fungsional untuk mendukung mobilitas harian.
 
7.    Masih di kabin, area head room dan leg room terbilang lega, cukup memadai untuk postur orang Indonesia pada umumnya, ditambah kapasitas bagasi yang lega, khas hatchback.
 
8.    Mesinnya dirasakan pas tenaganya, mampu mengisi dan meladeni beragam kontur jalanan yang ada di Indonesia.
 
Citroen C3 dibekali mesin bensin tiga silinder kapasitas 1.200 cc yang mampu meletupkan tenaga sebesar 82 Hp dan torsi 115 Nm.  
 
Keluaran tenaganya ini, dirasakan cukup untuk mobilitas di perkotaan maupun berpergian antar kota.  
 
Meskipun saat ini baru tersedia transmisi manual lima percepatan, perpindahan gigi transmisinya dirasakan lembut dan ringan pedal koplingnya. Sehingga performa Citroen C3 terbilang cukup mumpuni.  
 
9.    Dulu, Citroen dikenal dengan suspensinya yang kelewat empuk untuk sebuah mobil Eropa di masanya, karena mengadopsi model suspensi pneumatik.  
 
Pada Citroen C3 ini, sudah menerapkan suspensi modern MacPherson Strut with Coil Spring pad roda depan dan Twist Beam pada roda belakang.  
 
Namun, beda dari mobil sekelasnya. Sepertinya ada racikan spesial pada suspensinya ini, yang membuat impresi berkendaranya jadi mengesankan.
 
10.    Harga valuable. Citroen C3 ditawarkan dalam 10 pilihan warna bodi monotone dan dual tone yang eye-catching. Warna monotone dibanderol Rp. 225.000.000,- dan warna dual tone dihargai Rp.230.000.000,-.  
 
Selain itu, ada juga pilihan warna monotone Plus aksesoris dengan harga jual Rp. 231.000.000,- serta warna dual tone Plus aksesoris dengan harga jual Rp. 236.000.000,-.  
 
Paket aksesoris yang dimaksud adalah berupa body side molding, side mirror cover, fog lamp trim, rear reflector trim dan mud guard. Semua harga berlaku On The Road (OTR) untuk area Jabodetabek.
 
Kesimpulan. Menilik harga yang ditawarkan, rasanya sepadan dengan build quality yang memuaskan dan fitur-fitur unggulan yang disematkan.
 
Apalagi mobil ini dirancang sebagai kendaraan yang hemat bahan bakar. C3 disebut mewujudkan semangat merek Citroen yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia.  
 
Ulasan lengkap mengenai uji coba Citroen C3 ini sudah tayang di kanal YouTube Sound and Machine Channel.  
 
Layak jadi pilihan bagi yang menginginkan mobilitas praktis dengan merek prestis dan tetap stylish. (anto)  
 
 

Baca Juga:
Jelajahi Paris Van Java, Citroen C3 Buktikan Ketangguhan dan Performa Khas Mobil Eropa