Kuota Ekshibitor Sudah Penuh, Pameran Otomotif GIIAS 2023 Terpaksa Tolak Calon Partisipan

  • Oleh : redaksi

Kamis, 13/Jul/2023 18:00 WIB
Ilustrasi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Ilustrasi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) benar-benar sudah tinggal menunggu hari, tepatnya pada tanggal 10-20 Agustus 2023 mendatang di lokasi yang sama, yakni di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Pasalnya, penyelenggara GIIAS mengumumkan bahwa slot untuk eksibitor sudah habis, sehingga tinggal menunggu waktu mulai loading, melalui sebuah konferensi pers yang diadakan pada tanggal 13 Juli 2023 di JW Marriott Hotel, Jakarta.

Baca Juga:
Bakal Lebih Banyak Konten Otomotif, Pameran IIMS 2024 Akan Hadirkan Dua Merek Mobil Baru

Bahkan, akibat kuota ekshibitor sudah penuh, penyelenggara pameran otomotif GIIAS 2023 terpaksa menolak keikutsertaan calon partisipan.

Baca Juga:
Gelar Kontes Audio Seri Kedua Musim 2023-2024, EMMA Buka Tiga Kelas Baru Kategori Sound Quality

“Pada pameran kali ini, saya justru mendapat anugerah yang luar biasa, karena baru kali ini pameran kita ‘terpaksa’ harus menolak beberapa partisipan yang ingin join di dalam pameran kita, karena penuhnya pameran kali ini.” buka Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo pada konferensi pers (13/7/2023), tanpa merinci identitas partisipan yang dimaksud.

GIIAS 2023 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-30, akan dihadiri 29 merek pabrikan kendaraan penumpang dan 5 merek kendaraan komersil, dan 116 merek industri pendukung.

Baca Juga:
Animo Tinggi Industri Aftermarket Berpameran di GIIAS 2023, Slotnya Melebihi Kapasitas

Adapun merek kendaraan penumpang yang akan hadir di GIIAS 2023 adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mini, Mitsubishi, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Volvo, dan Wuling.

Dari 29 merek kendaraan penumpang tersebut, 11 diantaranya sudah konfirmasi akan merilis mobil baru dalam sesi pengumuman oleh agen pemegang merek (APM).

Adapun eksibitor pabrikan yang akan meluncurkan mobil baru antara lain Chery, Seres, Honda, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi, Porsche, Subaru,.Toyota, dan Volvo.

Mendukung lingkungan hidup lebih baik, GIIAS 2023 akan lebih mengedepankan kendaraan listrik, mulai dari jumlah unit yang dipamerkan hingga peluncuran mobilnya.

“Mobil listrik adalah salah satu yang terpenting ke depannya, dan ini akan dipamerkan lebih banyak lagi di dalam GIIAS ke-30.” kata Nangoi.

Namun bukan hanya itu saja, di area test drive khusus mobil listrik pengunjung boleh mencoba mengendarai salah satu mobilnya, dan rintangan water obstacle khusus kendaraan listrik di area test drive.

“Kalau tahun lalu kita pakai satu indoor untuk EV test track, tahun ini kita gabungkan ke luar. Untuk EV kita buat berbeda, akan ada genangan air, kondisinya seperti kita coba di jalanan. Ada genangan, hujan, dan lain-lain, kita coba bawa itu di area test drive.” kata Sri Vista Limbong, Project Director GIIAS 2023.

Dengan demikian, GIIAS 2023 akan menjadi pameran otomotif yang lebih spektakuler dibanding tahun lalu, karena begitu tingginya antusiasme para pelaku industri otomotif. Semoga industri otomotif lebih semarak lagi. (red.)