Diikuti 86 Kompetitor Terbaik Se-Indonesia, EMMA Adakan Final Kompetisi Audio Mobil Musim 2022-2023

  • Oleh : Julfikri

Senin, 17/Jul/2023 18:00 WIB
Suasana perhelatan seri kontes terakhir European Mobile Media Association (EMMA) musim 2022-2023 di Intermoda, BSD, Tangerang. Suasana perhelatan seri kontes terakhir European Mobile Media Association (EMMA) musim 2022-2023 di Intermoda, BSD, Tangerang.

SoundandMachine.com (Tangerang) - European Mobile Media Association (EMMA) mengadakan seri terakhir kontes audio untuk musim 2022-2023, pada tanggal 15-16 Juli 2023 di Intermoda BSD, Tangerang.

Berhubung final, tentunya peserta yang hadir semuanya terbaik dari 15 seri kontes EMMA reguler sebelumnya, terdiri dari Sound Quality (SQ) dan Sound Quality Loud (SQL).

Baca Juga:
Apresiasi Dealer dan Pelanggan Audio Mobil, Audioworkshop Gelar Kompetisi AWS Premiere Sound League

“Ada 1 season di tahun 2022-2023 terdiri dari 15 kompetisi reguler di seluruh kota di Indonesia, di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan. Setelah menyelesaikan 15 putaran, finalnya selama 2 hari. Di final ini diadu lagi, total semua 86 peserta.” buka Robert Adrianto, President EMMA Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (15/7/2023).

Baca Juga:
Diikuti Banyak Peserta dari Instalatur Ternama, EMMA Gelar Seri Ke-7 Kontes Car Audio Musim 2023-2024

Untuk kategori SQ, kelas yang dipertandingkan antara lain Basic 3.000, Basic Unlimited, Entry 1.500, Entry 3.000, Entry Unlimited, Skill 4K, Skill OEM, Skill Unlimited, Master 5K, Master OEM, Master Unlimited, Expert Limited, Expert Unlimited, dan Tuning Stock.

Selain itu, untuk kategori papan atasnya ada EMMA Sound Quality League (ESQL) yang terdiri dari Inside dan Unlimited, King of Sound terdiri dari budget 5K Euro, 10-20 K Euro, dan Unlimited (40 K Euro ke atas), dan Best of Sound atau tonal terbaik.

Baca Juga:
Gaet 300 Peserta, Final Kompetisi Audio Mobil Amoplus Sound Competition 2023 Jaring Wajah Baru

Sementara untuk SQL, terdiri dari limited, pure, dan Unlimited yang merupakan kelas khusus pengguna produk Venom.

Juri yang bertugas di final kompetisi audio EMMA antara lain Jino Bhucksasri, Adrian Malabanan, dan Diyoy Cabahug dari Filipina, Mickey Chia Ching dari Taiwan, dan Kevin Keegan satu-satunya dari Indonesia.

Setidaknya setiap pengadaan kontes audionya di Indonesia, EMMA kerap menghadirkan juri dari luar negeri agar siapapun kompetitor yang juara bisa lebih siap untuk kejuaraan tingkat Asia.

“Di Asia nanti juga banyakan dari Filipina, jadi kita juga di final ini maunya comply sama Asia, karena tujuan akhirnya di Asia.” jelas Robert.

Tim Crescendo - GZ menguasai sejumlah kategori SQ setelah meraih peringkat pertama di Basic Unlimited, Skill 4K, Skill OEM, Skill Unlimited, Master 5K, Master Unlimited, dan Expert Unlimited, hingga meraih Best Team.

Sementara itu, tim anaksekolahandilawan mendominasi kelas papan atasnya, setelah menyabet peringkat 1 King of Sound C (5K Euro), peringkat 3 King of Sound B (10-20 K Euro), peringkat 1 King of Sound A (>40 K Euro) dan peringkat 1-2-3 Best of Sound.

“Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sangat bagus sekali. EMMA ini dari tahun ke tahun pesertanya bertambah, makin kompetitif juga, kalau dengar cerita dari juri-juri peserta Indonesia sama-sama berkembang.” ungkap Robert.

Lantas akankah para juara ini akan maju ke kompetisi audio EMMA tingkat Asia? “Nanti diambil dari 10 besar klasemen grup.” pungkas Robert. Selamat untuk para pemenang. (Joule)