Lebih Ringan dan Semakin Efisien, Peredam Z3RO Lite Cocok untuk Dipasang di Boks Subwoofer

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Jul/2023 12:00 WIB
Peredam Z3RO Lite yang terpasang di boks subwoofer garapan Cartens Autosound. Peredam Z3RO Lite yang terpasang di boks subwoofer garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Memasang peranti peredam mobil memang dibutuhkan untuk meningkatkan performa dari modifikasi audio mobil. Namun, akan lebih baik jika memperhitungkan efisiensinya, mulai dari memilih jenis peranti peredam agar tidak jadi mubazir.

Merek asal Rusia, Z3RO Solutions menghadirkan produk peredam terbaru yang lebih terjangkau agar lebih efisien terutama dari segi biaya.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Kualitas material butyl-nya beda yang bikin lebih murah. Kalau audio kan suka bikin boks, kalau pakai peredam yang premium sayang (biaya) tuh, peredam kayak gitu bisa dipake juga.” jelas Novia Hadiputri, Brand Manager Z3RO Solution ketika ditemui di PT. Audioworkshop, Sunter, Jakarta (8/6/2023).

Meski demikian, performa peredaman Z3RO Lite tetap memenuhi standar instalatur audio pada umumnya. Salah satu gerai audio yang kerap menggunakan Z3RO Lite adalah Cartens Autosound di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Akhir-akhir ini Cartens Autosound menggunakan Z3RO Lite ketika upgrade audio mobil milik pelanggannya, tepatnya di boks subwoofer custom-nya.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Z3RO Lite biasa kita pakai buat panel boks biar lebih rigid. Sayang kalo pake yang mahal-mahal buat boks doang.” kata Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound.

Cartens Autosound mengaplikasikan Z3RO Lite tersebut sudah ke beberapa mobil pelanggan, salah satunya Toyota Kijang Innova Zenix hybrid yang upgrade audio 3-way OEM style dengan komponen high-end.

Lantas apa yang membuat Z3RO Lite ini dipilih untuk upgrade audio padahal komponen yang digunakan sudah high-end?

“Pertama budget issue, kedua gak mau terlalu berat. Peredaman tipis pasti mengurangi dB-nya lebih sedikit tapi performance gak terlalu berat. Balik lagi ke user-nya, mobilnya itu dipakai harian, nyaman, atau masih perlu kebut-kebutan.” jelas Eddie.

Ini berarti Z3RO Lite menawarkan efisiensi dari sebuah instalasi upgrade car audio, namun kualitas tetap standar instalatur pada umumnya, termasuk yang kawakan sekalipun. Pilihan menarik, nih. (Joule)