First Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Performanya Tawarkan Impresi Berkendara yang Beda

  • Oleh : redaksi

Sabtu, 19/Agu/2023 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan compact SUV barunya dalam kemasan world premiere di ajang GIIAS 2023 di ICE BSD City Tangerang, Banten (10/8/2023).  
 
Pada ajang tahunan ini, kami berkesempatan merasakan impresi berkendara yang beda pada Mitsubishi XForce varian Ultimate di area test drive.
 
Mitsubishi XForce memiliki banyak hal menarik mulai dari desain yang futuristis, kabin interior yang lapang, serta banyak fitur menarik yang bisa jadi pembeda dengan kompetitor.  
 
Sekilas tampilan eksteriornya sebelum mengaspal di jalan area test drive, mampu mengesankan sebuah compact SUV yang tangguh nan futuristis.  
 
Dimensi bodinya sekilas tak jauh beda seperti kompetitornya, yaitu Honda HR-V, Hyundai Creta, Kia Seltos dan Suzuki Grand Vitara.
 
Masuk ke interiornya, memberi kesan visibilitas atau pandangan yang luas ke area depan mobil. Unsur mewah sekaligus atraktif ditampilkan lewat perpaduan material pada dasbor dan panel interior.
 
Panel head unit sekaligus pusat pengaturan beberapa fitur mobil, salah satunya dual zone AC dirasa user friendly, mudah dijangkau dan diatur.
 
Begitu juga instrument cluster yang berisi Multi Information Display (MID) dan spidometer juga nikmat dipandang dan cukup memberikan informasi lengkap seputar mobil saat berkendara.
 
Lalu pada jok dan trim pintu, pada varian Ultimate ini semuanya dibalut lapisan kulit warna hitam, dipadu sedikit aksen krem sebagai pemanis.  
 
Begitu juga desain dan pola dudukan serta sandaran jok dirancang atraktif, sekaligus memberikan tingkat ergonomi yang maksimal.
 
Lanjut ke pengujian performa mesinnya. XForce menawarkan empat mode berkendara yang bisa disesuaikan kebutuhan medan jalan yang akan dilalui.  
 
Diantaranya normal, wet, mud dan gravel. Setiap mode berkendara memiliki banyak kelebihan masing-masing.
 
Salah satu fitur yang jadi pembeda adalah mode berkendara Wet Mode. Mode itu diyakini sangat sesuai dengan kondisi geografis dan cuaca di Indonesia.  
 
Wet mode menawarkan gaya berkendara yang sesuai dengan kondisi jalan basah, tergenang air, hingga banjir.  
 
Berkat wet mode, mobil diklaim akan jadi lebih nyaman dan aman meski harus melewati genangan air atau banjir.
 
Sayangnya, pada kesempatan kali ini dengan luas area trek yang terbatas, hanya mode normal saja yang bisa dirasakan, mengingat kontur jalanan yang didominasi jalan lapis aspal dan beton layaknya jalan raya biasa.
 
Impresi pertama merasakan performanya dengan menguji akselerasinya secara spontan. Begitu pedal gas dibejek, kinerja mesin dirasa cukup responsif, meskipun ada sedikit jeda.
 
Transmisi otomatis CVT yang dibenamkan, dirasa cukup halus perpindahan giginya pada trek yang didominasi trek lurus ini.
 
Soal handling pengendaraannya, perlu diapresiasi karena minim limbung ketika kami uji bermanuver putar balik dengan kecepatan yang agak tinggi.
 
Racikan spesial pada suspensi diduga jadi faktor pendukungnya, yang terintegrasi dengan fitur Active Yaw Control (AYC).
 
Fitur ini menyesuaikan gaya berkendara antara kiri depan dan roda kanan untuk mencapai penanganan yang sangat baik, kontrol traksi yang mengontrol tire skidding, kontrol mesin, dan kontrol power steering.
 
Sayangnya, ketika kinerja suspensi kami uji pada speed trap, terasa bantingan yang agak keras jika dibandingkan kompetitornya.  
 
Mitsubishi XForce dibekali mesin bensin 4 silinder segaris MIVEC berkode 4A91 DOHC 16 Valves, kapasitas 1.499 cc. Sama seperti yang diandalkan Xpander dan Xpander Cross.
 
Terhitung sejak diluncurkan dalam kemasan world premiere di GIIAS 2023, Mitsubishi XForce ditawarkan dalam dua pilihan varian dan enam pilihan warna.  
 
Yakni Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver dan Red Metallic.  
 
Mitsubishi XForce varian Ultimate CVT dihargai Rp 412.900.000,-, sementara varian Exceed CVT dibanderol Rp 379.900.000,-. Harga berlakun On The Road DKI Jakarta.  
 
Saat ini XForce telah dilengkapi dengan varian baru dengan beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), and Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Silakan dicoba. (*)

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya